7 Dampak Negatif Apabila Gigi Berantakan Dibiarkan

Dampak Negatif Gigi Berantakan

Dampak Negatif Gigi Berantakan

Artikel ini sudah direview dan diedit oleh drg. Sandra Intan.

Salah satu dampak negatif gigi berantakan adalah membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Apalagi, kalau kondisi gigi yang berantakan tersebut terlihat sangat parah.

Perlu Sahabat Orange ketahui, dampak negatif gigi berantakan tidak hanya membuatmu tidak percaya diri ketika tersenyum. Ada pula banyak dampak negatif lainnya yang perlu kamu ketahui.

Dari sekian banyak efek samping memiliki gigi berantakan, berikut ini adalah 7 di antaranya:

  1. Penumpukan Karang Gigi

Susunan gigi yang berantakan akan membuat sisa makanan mudah tertinggal di sela-sela gigi. Namun karena susunan giginya yang berantakan, maka akan membuat permbersihannya pun menjadi sulit.

Tidak cukup hanya dengan sikat gigi saja, tapi diperlukan dental floss ataupun sikat nterdetal agar dapat menjangkau sela gigi yang tidak bisa dibersihkan oleh sikat biasa.

Sisa makanan yang tertinggal ini jika terus dibiarkan, maka lama kelamaan akan menjadi penumpukan karang gigi.

  1. Radang Jaringan Periodontal

Dampak negatif gigi berantakan yang berikutnya  adalah risiko timbulnya radang jaringan periodontal.  Jaringan periodontal adalah jaringan pendukung gigi, yaitu seperti tulang alveolar, dan gusi.

Radang jaringan periodontal ini diawali dengan penumpukan karang gigi. Lalu jika karang gigi ini dibiarkan, maka akan timbul gingivitis atau biasa disebut radang gusi.

Radang gusi ini ditandai dengan gejala seperti gusi yang mudah berdarah, gusi yang terlihat membengkak.

Apabila gejala seperti ini dibiarkan, maka yang terjadi selanjutnya adalah periodontitis atau radang jaringan periodontal. Jika terjadi periodontitis, maka gigi akan menjadi goyang.

  1. Kesulitan membersihkan gigi

Seperti yang sudah disebutkan di point 1, gigi yang susunannya berantakan akan membuat kamu kesulitan untuk membersihkan gigi secara menyeluruh, khususnya di sela-sela gigi.

Sehingga diperlukan alat pembersih tambahannya, seperti sikat interdental ataupun dental floss (benang gigi)  untuk dapat menjangkau bagian sela gigi.

 

Bau Mulut

Bau Mulut Tidak Sedap

  1. Bau mulut tidak sedap

Bau mulut yang tidak sedap adalah dampak negatif gigi berantakan yang berikutnya. Hal ini disebabkan oleh pembersihan gigi yang kurang maksimal, sehingga menyebabkan adanya sisa makanan yang tertinggal, atau bahkan adanya penumpukan karang gigi.

  1. Pengucapan lafal tidak jelas

Susunan gigi yang berantakan, terutama yang sudah masuk kategori lanjut atatu parah, dapat membuat pengucapan lafal seseorang menjadi kurang jelas. 

Lawan Bicara Tidak Bisa Mendengar dengan Baik karena Lafal yang Kurang Jelas

  1. Kesulitan mengunyah makanan

Mengunyah bisa dilakukan dengan baik dan nyaman ketika susunan gigi geligi baik atau rapi. Jadi dengan susunan gigi yang kurang rapi, akan membuat orang menjadi kesulitan dalam mengunyah.

  1. Kurang Percaya Diri

Orang yang memiliki susunan gigi yang berantakan biasanya akan cenderung menjadi kurang percaya diri. Terutama saat tertawa, biasanya orang yang memiliki susunan gigi berantakan ini akan menutup mulutnya saat tertawa.

Itulah 7 dampak negatif gigi berantakan yang perlu kamu ketahui. Masih berniat membiarkan kondisi gigimu terus berantakan?

Kami dapat membantu untuk memperbaiki susunan gigi kamu. Tinggalkan nomor teleponmu pada form di bawah dan staf kami akan segera menghubungi kamu.

 

 

Kami akan Segera Menghubungi Kamu

By | 2018-08-15T01:27:13+00:00 August 13th, 2018|Behel Gigi, Tentang Gigi|0 Comments