Beberapa Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memasang Behel

Seiring dengan berkembangnya zaman, kawat gigi atau behel atau juga disebut braces dalam bahasa Inggris menjadi tren baru dalam dunia mode remaja di Indonesia. Di era sekarang ini, banyak kita temui anak muda yang memasang behel di gigi mereka, meskipun mereka tidak mengalami permasalahan di gigi mereka.

tentang behel gigi

Saat ini banyak pula anak muda yang mengenakan behel, hanya karena mengikuti teman-temannya yang juga menggunakan behel. Padahal menggunakan behel itu membutuhkan perawatan lebih, dan tentunya biaya yang cukup banyak. Nah kalau kamu mau pasang behel, ini ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan tentang behel gigi:

  • Yang pertama, kamu harus tahu fungsi dan kegunaan behel itu sebenarnya. Jadi behel atau kawat gigi ini digunakan untuk merapikan pola gigi yang tidak rata atau gigi menumpuk, dalam bahasa Jawa disebut “Gingsul”. Pola gigi yang tidak merata atau menumpuk tentunya akan menyulitkan kamu saat hendak membersihkan sisa makanan di antara sela-sela gigi. Jadi pemasangan behel ini selain untuk merapikan gigi, tentunya juga berfungsi untuk memperbaiki mekanisme dalam mengunyah makanan, mempermudah dalam pengucapan kata, memperbaiki pencernaan, dan menghilangkan rasa kurang percaya diri yang diakibatkan pola gigi yang tidak rata atau tonggos.
  • Kemudian yang kedua, kamu juga harus tahu, bahwa pemasangan behel itu juga akan membawa efek samping. Diantaranya, saat menggunakan behel untuk pertama kalinya akan terasa sakit, kemudian jika kamu jarang menyikat gigi maka kemungkinan terjadinya karang gigi atau lubang gigi jauh lebih besar. Selain itu diawal juga akan terjadi efek di jaringan lunak, seperti radang gusi atau sariawan. Kamu juga harus tahu pemasangan kawat gigi yang tidak pas, juga akan merusak posisi gigi.
  • Yang ketiga sebelum memasang behel, kamu juga harus mengenal jenis-jenis behel. Sejauh ini ada banyak jenis behel, baik yang dibuat dari metal, clear atau bahkan ada jenis atau model behel transparan. Untuk behel jenis clear, biasanya terbuat dari composite, kemudian porseline atau plastic.
  • Selanjutnya, untuk perawatan orthodontik, akan menggunakan removable appliance atau juga dikenal alat lepasan, kemudian fix appliance atau alat cekat. Removable appliance ini berguna untuk memperbaiki kelainan pada letak gigi. Kemudian fix appliance ini sejenis alat yang akan direkatkan di tiap gigi. Alat ini terdiri dari bracket dan band bracket, Archwire, dan sebuah pengikat.
  • Sebelum memutuskan untuk memakai behel, ada baiknya kamu pergi ke dokter gigi terlebih dahulu. Kamu bisa konsultasi dengan dokter gigi, sebelum memasang behel. Yang jelas alangkah lebih baik sebelum memasang behel, terlebih dahulu di scan. Ini untuk melihat apakah gusi kuat jika dipasang treatment behel.

Kalau kamu ingin konsultasi lebih lanjut dengan dokter gigi, silahkan hubungi Orange Dental House pada nomer di bawah. Konsultasi tidak dipungut biaya alias gratis 🙂

Salam Hangat,

Orange Dental House

Contact Small

By | 2014-11-14T09:16:06+00:00 November 14th, 2014|Behel Gigi, Tentang Gigi|1 Comment