Berbagai Model Behel Gigi Yang Ada Di Pasaran

Di pasaran saat ini, ada bermacam model behel gigi yang banyak digunakan. Bagi orang awam atau yang belum pernah menggunakan behel gigi, mungkin akan menganggap bahwa behel hanya ada satu jenis, padahal sejatinya tidak. Seperti halnya produk yang lain, behel juga memiliki berbagai jenis model. Setiap model memiliki kelebihan serta kekurangan sendiri – sendiri, termasuk soal harga. Banyak orang yang juga keliru karena menganggap bahwa semua jenis behel gigi sama, padahal berbeda. Hal tersebut kemudian membuat mereka “rela” memasang behel di tukang gigi atau ahli gigi pinggir jalan, meski sebenarnya langkah tersebut sangat tidak disarankan.

Model Behel

Behel atau yang oleh sebagian masyarakat juga dikenal dengan nama kawat gigi merupakan sebuah alat yang dianjurkan oleh dokter gigi untuk membantu memperbaiki kondisi gigi serta rahang. Orange Dental akan menjelaskan beberapa model behel yang populer di pasaran, yaitu:

  • Behel logam atau metal

Ini merupakan jenis behel yang paling populer dan paling banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia. Namun, sahabat Orange harus tahu bahwa behel yang dipilih haruslah memiliki kualitas yang baik agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Behel metal menjadi sangat populer karena harganya yang sangat terjangkau, meskipun secara tampilan terbilang kurang estetik karena warnanya yang seperti logam dan juga karetnya yang berwarna warni.

  • Behel Ceramic

Model behel yang satu harganya sedikit lebih mahal bila dibandingkan dengan behel logam. Namun, jenis behel ini memiliki kelebihan, salah satunya adalah memiliki warna yang transparan sehingga dapat tersamarkan.

  • Invisalign

Ini merupakan alat yang digunakan untuk merapikan gigi namun tanpa menggunakan kawat seperti layaknya behel, sehingga tidak akan terlihat. Alat yang juga sering dimasukkan ke dalam jenis behel ini dibuat sesuai dengan bentuk gigi pemakainya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pemakainya diwajibkan untuk mengganti setiap 2 minggu sekali. Oleh sebab itu, pembuatan alat yang baru akan berubah sedikit demi sedikit sesuai dengan pergerakan gigi. Akan tetapi, invisalign ini hanya bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan gigi yang tergolong ringan.

  • Model behel Damon

Behel ini hampir sama dengan jenis metal. Perbedaannya hanya terletak pada kawat pengunci yang tidak menggunakan karet atau disebut self-ligating. Selain bersih dan nyaman, behel ini juga sangat efektif.

Selain keempat jenis behel di atas, masih ada satu lagi jenis kawat gigi yang juga biasa dipakai, yaitu jenis lepasan. Kawat gigi jenis ini sebaiknya digunakan pada anak – anak yang berusia di bawah 12 tahun, atau sedang memasuki masa gigi susu maupun gigi campur. Model behel ini berbeda dengan keempat yang lain, karena dengan mudah dilepas dan dipasang sendiri sesuai dengan kebutuhan.

2 thoughts on “Berbagai Model Behel Gigi Yang Ada Di Pasaran

Leave a Reply