Ini 10 Cara Menghilangkan Plak Gigi yang Bisa Kamu Coba

Tidak harus ke dokter gigi, ini 10 cara menghilangkan plak gigi ini bisa kamu coba sendiri di rumah.

Plak gigi merupakan lapisan biofilm yang terdiri dari mikroorganisme dan sisa makanan pada gigi. Plak gigi dapat membuat gigi menjadi kuning dan dapat berpengaruh pada kesehatan gigi.

Tahukah Sahabat Orange? Menghilangkan plak gigi merupakan salah satu cara memutihkan gigi kamu. Tanpa harus ke dokter gigi, ini 10 cara menghilangkan plak gigi yang bisa kamu coba di rumah.

 

 

Download Our Pricelist

 

 

Mengunyah daun jambu biji

Mengunyah daun jambu biji - Ini 10 Cara Menghilangkan Plak Gigi yang Bisa Kamu Coba

Mengunyah daun jambu biji – Ini 10 Cara Menghilangkan Plak Gigi yang Bisa Kamu Coba – Pixabay

 

Sebuah studi pada tahun 2014 menyebutkan bahwa ekstrak daun jambu biji dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab plak gigi. Kamu cukup mengunyah daun jambu biji yang telah dicuci hingga halus dan buang ampasnya. Lakukan secara teratur setiap hari.

Menggunakan bubuk cengkih

Kamu dapat menggunakan cengkih kering yang sering digunakan sebagai bumbu masakan. Caranya mudah dengan mencampurkan cengkih yang telah ditumbuk halus dengan sedikit minyak zaitun. Oleskan pada plak gigi dan biarkan selama beberapa menit. Selanjutnya, berkumurlah dengan air hangat hingga bersih.

Menggunakan gel lidah buaya

Menggunakan gel lidah buaya - Ini 10 Cara Menghilangkan Plak Gigi yang Bisa Kamu Coba

Menggunakan gel lidah buaya – Ini 10 Cara Menghilangkan Plak Gigi yang Bisa Kamu Coba – Pixabay

 

Salah satu khasiat lidah buaya adalah mengatasi plak pada gigi. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Gosokkan bagian gel daun lidah buaya yang telah dipotong pada plak gigi. Selanjutnya biarkan selama 10 menit dan bilas dengan air dingin.

Berkumur dengan teh hitam

Sebuah studi pada tahun 2011 menemukan bahwa teh hitam mengandung flourida yang dapat mengurangi pembentukan plak gigi. Kamu cukup berkumur dengan seduhan teh hitam sehari sekali.

Menggunakan soda kue

Menggunakan soda kue - Ini 10 Cara Menghilangkan Plak Gigi yang Bisa Kamu Coba

Menggunakan soda kue – Ini 10 Cara Menghilangkan Plak Gigi yang Bisa Kamu Coba – edicalnewstoday

 

Soda kue merupakan salah satu bahan yang sering digunakan sebagai pemutih gigi. Tuangkan sedikit soda kue pada sikat gigi basah dan gosokkan pada plak gigi. Bilas mulut dengan air hangat setelahnya.

Mengonsumsi keju

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2012 menunjukkan konsumsi keju tanpa gula tambahan dapat mencegah plak gigi. Makanlah sedikit keju keras setelah makan secara teratur.

Membilas mulut dengan cuka putih

Membilas mulut dengan cuka putih - Membilas mulut dengan cuka putih - Ini 10 Cara Menghilangkan Plak Gigi yang Bisa Kamu Coba

Membilas mulut dengan cuka putih – Ini 10 Cara Menghilangkan Plak Gigi yang Bisa Kamu Coba – thrfun

 

Cuka putih diketahui mampu melarutkan plak gigi yang mengeras. Campurkan 2 sendok teh cuka putih dan 1 sendok teh garam ke dalam setengah gelas air hangat. Bilaslah mulut dengan larutan ini setiap hari.

Mengunyah daun sirih

Selain daun jambu biji, mengunyah daun sirih juga dapat membersihkan plak gigi.

Berkumur dengan minyak kelapa

Berkumur dengan minyak kelapa - Ini 10 Cara Menghilangkan Plak Gigi yang Bisa Kamu Coba

Berkumur dengan minyak kelapa – Ini 10 Cara Menghilangkan Plak Gigi yang Bisa Kamu Coba – Today

 

Minyak kelapa, terutama virgin coconut oil, mengandung asal laurat yang mampu menghambat pembentukan plak gigi. Berkumurlah dengan 1 sendok teh minyak kelapa selama beberapa menit kemudian ludahkan. Lakukan secara teratur pada pagi hari sebelum makan.

Mengonsumsi buah dengan kandungan vitamin C

Mengonsumsi buah dengan kandungan vitamin C - Ini 10 Cara Menghilangkan Plak Gigi yang Bisa Kamu Coba

Mengonsumsi buah dengan kandungan vitamin C – Ini 10 Cara Menghilangkan Plak Gigi yang Bisa Kamu Coba – Pixabay

 

Vitamin C diketahui memiliki efek positif terhadap kesehatan gusi. Mengonsumsi buah kaya akan vitamin C secara rutin merupakan cara terasyik untuk menghilangkan plak gigi.

Demikian 10 cara menghilangkan plak gigi dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Lakukanlah secara teratur hingga kamu mendapatkan hasil terbaik ya!

By | 2018-04-30T02:03:54+00:00 April 28th, 2018|Pemutihan Gigi, Tentang Gigi|0 Comments