Gusi Bengkak: Penyebab, Cara Mengobati, dan Cara Mencegah

Artikel ini ditulis oleh drg. Anissa Amalia
Hai sahabat orange. Pernah mendengar mengenai gusi bengkak? Atau bahkan pernah mengalaminya? Duh, rasanya pasti sangat tidak enak ya.
Artikel kali ini akan membahas mengenai gusi bengkak.
Sakit Karena Gusi Bengkak

Sakit Karena Gusi Bengkak

Dalam dunia kedokteran gigi, Gusi disebut juga dengan Gingiva. Gusi merupakan jaringan mukosa kokoh yang melapisi tulang rahang atas dan bawah serta menempel pada bagian bawah gigi sehingga apa yang terjadi pada gigi dapat berdampak pada gusi.
Gusi yang sehat berbentuk khas dan berwarna merah muda dengan perabaan tak keras dan juga tak terlalu lunak.
Gusi yang bengkak berarti pada gusi tersebut terjadi peradangan atau inflamasi sehingga warnanya menjadi lebih merah, menonjol, dan kadang terlihat kekuningan di ujungnya sebagai tanda adanya nanah.

Penyebab Gusi Bengkak

Jadi apa saja yang menjadi penyebab gusi bengkak?
  1. Gingivitis adalah peradangan pada gusi, hal ini merupakan penyebab tersering menjadi penyebab gusi bengkak. Banyak orang mengalami gingivitis dan tidak menyadarinya karena gejalanya sangat ringan dan hampir tidak terasa hingga gingivitis terus berlanjut dan menjadi periodontitis.
  2. Periodontitis merupakan peradangan lebih lanjut pada gusi, gelajanya dapat berupa gusi merah, bengkak, mudah berdarah spontan saat menyikat gigi, sering disertai rasa nyeri yang sulit dilokalisir. Bila tak segera dilakukan perawatan periodontitis dapat mengakibatkan tanggalnya gigi secara spontan.
  3. Abses periodintium, merupakan bengkak yang terjadi pada gusi bagian dalam dimana pus (nanah) terlokalisasi di dalam kantung gusi. Hal tersebut dapat terjadi karena periodontitis yang meluas, atau karena invasi bakteri ke dalam kantung gusi.
  4. Abses Apikal merupakan bengkak yang mirip dengan abses periodontium, tetapi sesungguhnya dua abses ini adalah bengkak yang berbeda. Abses apikal biasanya diawali dengan adanya lubang gigi yang luas dan dalam tetapi tidak dirawat dengan baik.
  5. Hal-hal lain yg dapat menjadi penyebab gusi bengkak adalah :   *infeksi virus,jamur, atau bakteri, *kehamilan, *kekurangan vit B/C, *dan obat-obatan seperti obat anti epilepsi, kortikosteroid, dan kontrasepsi hormonal

Cara Mengobati Gusi Bengkak

Hal apa saja yang dapat dilakukan untuk mengatasi gusi bengkak? Gangguan gusi bengkak yang ringan dapat diatasi dengan selalu menjaga kebersihan mulut dengan cara menyikat gigi dengan benar dan melakukan pembersihan menggunakan benang gigi (dental floss) secara teratur.
Cara lain yg dapat dilakulan adalah :
  1. Melakukan kompres dingin pada gusi untuk mengurangi bengkak.
  2. Hindari rokok, stress, dan minuman beralkohol.
  3. Menghentikan atau mengganti obat-obatan pemicu gusi bengkak dengan cara mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter.
  4. Melakukan prosedur scaling untuk menghilangkan karang gigi di dokter gigi.
  5. Melakukan tindakan root planning untuk membersihkan area akar gigi dan sela2 gusu untuk menghilangkan bakteri oleh dokter gigi.
Gangguan gusi bengkak disertai nyeri yang parah membutuhkan tindakan lebih lanjut seperti pemberian antibiotik, pereda nyeri dan obat2 kumur yang diberikan oleh dokter gigi maupun dokter gigi spesialis.
Untuk pembengkakan gusi diakibatkan oleh abses apikal perlu dilakukan perawatan saluran akar atau perlu dilakukan pencabutan pada gigi yang bersangkutan, tergantung bagaimana hasil prognosis dokter gigi setelah dilakukan pemeriksaan.

Cara Mencegah Gusi Bengkak

Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan oleh sahabat orange untuk mencegah gusi bengkak, yakni : menyikat gigi secara tepat dan teratur dengan sikat gigi berbulu halus. Konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang, jauhi rokok dan alkohol, hindari stress berlebihan, serta menambal lubang gigi sebelum sakit.
Menyikat Gigi Secara Teratur dapat Mencegah Gusi Bengkak

Menyikat Gigi Secara Teratur dapat Mencegah Gusi Bengkak

Gusi memiliki peranan penting dalam rongga mulut kita, sehingga gangguan yang terjadi pada gusi dapat berdampak pada kesehatan gigi dan mulut juga.  Menjaga kebersihan gigi dan mulut, serta melakukan perawatan secara rutin ke dokter gigi akan menjaga kesehatan gigi & gusi kita.
Dikutip dari berbagai sumber dan buku kedokteran gigi klinik karya Laura Mitchell.
By | 2018-09-10T10:37:28+00:00 September 10th, 2018|Tentang Gigi|0 Comments