Jenis Gigi Palsu Yang Bagus

/, Tentang Gigi/Jenis Gigi Palsu Yang Bagus

Jenis Gigi Palsu Yang Bagus

Apa jenis gigi palsu yang bagus? Mungkin sahabat Orange saat ini sedang bingung dalam memilih jenis gigi palsu atau gigi tiruan karena belum mengetahui jenis – jenis yang tersedia.

Gigi memang bagi kebanyakan makhluk vertebrata, termasuk kita sebagai manusia, merupakan salah satu hal yang sangat penting. Fungsi utama gigi adalah untuk mengunyah dan merobek makanan agar lebih mudah dicerna.

Namun bukan hanya itu, kehilangan gigi bisa menjadi satu masalah yang besar karena akan mengganggu kesempurnaan penampilan. Bagi anak – anak mungkin tidak akan menjadi masalah karena gigi mereka masih dapat tumbuh kembali, namun bagi orang dewasa gigi yang tanggal tidak akan tumbuh lagi.

Oleh sebab itu, gigi tiruan menjadi satu solusi mudah yang dapat diambil untuk mengembalikan rasa percaya diri dan penampilan. Lalu, mana jenis gigi palsu yang bagus?

Gigi Palsu Yang Bagus

Secara umum, ada dua model pemasangan gigi tiruan, yakni lepasan dan permanen. Gigi palsu permanen adalah gigi tiruan yang jika sudah terpasang sudah tidak dapat dilepas lagi sehingga membutuhkan jasa atau bantuan dokter untuk melepasnya. Jenis yang lain, yakni gigi palsu lepasan akan dapat dilepas dan dipasang sendiri.

Terdapat tiga jenis gigi palsu permanen di pasaran, yaitu implant yang ditanam di gusi dan berdiri sendiri, mahkota atau crown yang digunakan untuk menggantikan mahkota gigi yang rusak serta bridge yang menggunakan gigi sebelahnya sebagai penopang. Sementara itu, gigi palsu lepasan juga ada tiga jenis berbeda, yaitu akrilik yang harganya paling murah dan paling banyak dipakai, valplast yang lebih lentur dan tidak memakai kawat dan ketiga adalah jenis frame yang menggunakan struktur logam di dalamnya.

Jika sahabat Orange bertanya tentang gigi palsu yang bagus, maka hal itu dikembalikan lagi kepada kebutuhan, faktor penyebab tanggalnya gigi serta bentuk gusi sahabat Orange sendiri karena setiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing.

Berikut akan Orange Dental bagikan sedikit tips yang dapat sahabat Orange gunakan saat memilih gigi palsu:

  • Ukuran mulut. Pilihlah gigi palsu atau tiruan yang ukurannya sesuai dengan ukuran mulut sahabat Orange. Ukuran yang tepat berarti tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil sehingga akan nyaman digunakan.
  • Sesuaikan warna. Gigi palsu yang dipilih harus memiliki gradasi warna yang sesuai dengan gigi asli sahabat Orange agar serasi dan tidak mencolok.
  • Sesuaikan dengan kemampuan anggaran. Gigi palsu dari akrilik, porselen serta logam adalah yang paling murah dan paling banyak digunakan. Akrilik adalah yang paling murah jika dibandingkan dengan porselen ataupun logam. Akan tetapi, kualitas gigi akrilik juga yang paling rendah. Semakin mahal harga gigi palsu, maka kualitasnya semakin baik.
  • Konsultasi ke dokter. Sangat penting untuk mengkonsultasikan jenis gigi palsu yang bagus dan tepat untuk sahabat Orange karena mereka memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam bidang tersebut.
By | 2015-11-10T04:48:06+00:00 November 10th, 2015|Gigi Palsu, Tentang Gigi|0 Comments

Leave A Comment