Jenis – Jenis Kawat Behel Sesuai Tujuan Pemakaian

Pengguna kawat behel makin lama semakin bertambah. Bahkan, salah satu sumber penghasilan terbesar bagi para ahli ortodonti adalah dari pemasangan behel. Banyak masyarakat makin peduli pentingnya memiliki gigi dengan susunan yang rapi. Selain memperbaiki fungsi mengunyah dan berbicara, penanganan terhadap barisan gigi yang tepat menggunakan kawat gigi juga bermanfaat untuk memperbaiki penampilan.

Kawat Behel

Tujuan mempercantik diri seringkali menjadi prioritas utama masyarakat saat hendak memasang kawat gigi. Meskipun dibenarkan, langkah ini sebaiknya tetap dilaksanakan sesuai prosedur di dalam bidang kesehatan gigi. Pemasangan yang kurang tepat dan dilakukan oleh orang yang tidak kompeten di bidangnya justru dapat menimbulkan masalah di kemudian hari. Misalnya saja infeksi pada gusi.

Mengedukasi diri tentang kawat gigi adalah tips paling utama bagi calon pengguna. Anda perlu lebih dulu memastikan tujuan dari pemasangan behel tersebut. Kemudian, pelajari pilihan kawat behel yang ada. Dokter gigi biasanya akan meminta Anda memilih satu dari empat pilihan berikut ini:

  • Behel Tradisional dengan bahan metal

Pilihan ini paling populer dengan kelebihan dalam hal kualitas. Bahan metal memiliki ketahanan yang baik sehingga sangat efisien untuk penggunaan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, biasanya kawat behel ini dilengkapi aktivasi panas yang dapat menghantarkan panas tubuh agar gerakan gigi menjadi lebih cepat dan rasa sakit berkurang.

  • Behel Keramik

Memiliki ukuran dan bentuk yang sama dengan model tradisional dengan bahan metal, braces ini mempunyai kelebihan di segi warna. Behel ini biasanya berwarna bening atau senada dengan warna gigi sehingga akan terlihat sangat menarik apabila pemakainya tersenyum.

  • Behel Invasilign

Jenis ini merupakan salah satu inovasi paling modern dan paling disukai oleh masyarakat. Pemasangannya tidak memerlukan kawat dan bisa menyatu dengan gigi. Warnanya yang bening menciptakan ilusi seolah Anda tidak mengenakan kawat behel. Namun, untuk mendapatkannya, diperlukan pemeriksaan lebih komprehensif dan pembuatan menggunakan teknologi komputer. Hal ini dimaksudkan untuk mendapatkan bentuk behel yang benar-benar sesuai dengan susunan gigi.

  • Behel Lingual

Jenis behel ini hampir sama dengan yang tradisional. Hanya saja, penempatan dilakukan dari dalam, sehingga dapat mengurangi efek gigi terlihat maju. Sekilas, dari luar terlihat bahwa pengguna seolah tidak mengenakan kawat gigi sama sekali.

Di pasaran, terdapat banyak sekali penyedia jasa pemasangan kawat gigi. Anda mungkin awalnya tertarik menggunakan salah satu layanan tersebut mengingat kisaran harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Akan tetapi, baik demi memperbaiki susunan gigi atau menambah kepercayaan diri dalam penampilan, ada baiknya Anda tetap memanfaatkan jasa pasang behel dari ahlinya. Di Orange Dental House, misalnya. Anda tidak hanya akan memperoleh edukasi penting mengenai manfaat kawat behel, tetapi juga layanan perawatan setelah pemasangan demi mendapatkan hasil terbaik.

By | 2015-05-28T02:30:23+00:00 May 28th, 2015|Behel Gigi, Tentang Gigi|0 Comments