Menyikat Gigi Berbehel

Bagi orang yang bermasalah dengan susunan giginya, penggunaan behel atau kawat gigi adalah solusi utama. Ya, behel gigi atau kawat gigi memang berfungsi untuk merapikan susunan gigi yang tidak rata. Apabila susunan gigi tidak rata, dapat menyebabkan berbagai keluhan bahkan mempengaruhi kepercayadirian. Bagi pengguna kawat gigi, salah satu perawatan yang harus dilakukan adalah dengan menggunakan sikat gigi behel khusus dengan penggunaan yang juga harus hati-hati. Meski terdengar merepotkan, namun banyak orang rela melakukan behel gigi demi mendapatkan gigi yang rapi. Bagaimana cara menyikat gigi yang benar bagi para pengguna behel dan apa yang harus dihindari saat mengenakan behel?

sikat gigi behel

Cara Menyikat Gigi Behel

Bagi para pengguna kawat gigi, menyikat gigi bisa menjadi salah satu aktivitas yang merepotkan dan menyakitkan jika tidak dilakukan dengan hati-hati. Karena itu, kini tersedia sikat gigi behel yang khusus dibuat untuk menghindari rasa sakit saat menyikat dan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Pengguna behel lebih rentan terkena bakteri karena makanan yang menempel di kawat. Hal ini menyebabkan pembentukan karang gigi juga lebih mudah bagi pengguna behel. Karena itulah, pengguna behel disarankan untuk lebih sering menyikat giginya demi menjaga kebersihan gigi, setidaknya 5 sampai 6 kali sehari setiap selesai makan.

Menyikat gigi bagi para pengguna behel membutuhkan waktu yang lebih lama dari biasanya. Gosoklah gigi dengan sikat gigi behel khusus secara menyeluruh, hingga ke sela-sela gigi dan behel untuk mengangkat sisa-sisa makanan. Lakukan ini secara berulang pada bagian atas behel, kemudian bawah behel. Disarankan pula untuk menyikat gigi tanpa pasta gigi terlebih dahulu untuk menyingkirkan sisa makanan di sela gigi dan karet behel, baru kemudian menggunakan pasta gigi. Bila sisa makanan masih tidak bisa disingkirkan dengan sikat gigi, gunakan benang gigi untuk menjangkau sela-sela gigi. Setelah selesai menggosok gigi, gunakan mouth wash atau cairan pembersih untuk membunuh kuman dan bakteri pada gigi.

Hal-Hal yang Harus Dihindari

Saat kita mengenakan behel gigi, hindarilah memakan makanan yang keras karena bisa membuat kawat gigi berubah posisi. Makanlah makanan yang lunak dan tidak sulit dikunyah agar tidak ada sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi. Mengkonsumsi gula secara berlebih juga harus dihindari karena gula akan menumbuhkan bakteri di gigi. Selain itu, jika kamu penggemar permen karet sebaiknya tunda dulu kegemaran tersebut karena permen karet tidak baik untuk gigi berbehel. Permen karet mudah tersangkut pada kawat gigi kamu, dan akan sulit dibersihkan menggunakan sikat gigi behel sekali pun. Hal-hal lain yang harus dihindari saat mengenakan behel gigi juga bisa kamu konsultasikan dengan dokter gigi yang menangani kamu supaya hasil dari kawat gigimu maksimal.

Salam Hangat,

Orange Dental House

Contact Small

By | 2014-11-18T01:20:35+00:00 November 18th, 2014|Behel Gigi, Tentang Gigi|0 Comments