Pahami Resiko Pasang Behel Gigi Sembarangan

Apakah Anda ingin memasang behel gigi? Banyaknya orang yang terlihat lebih menawan dengan kawat gigi tentu membuat Anda tertarik untuk melakukan hal yang sama. Behel atau kawat gigi merupakan prosedur yang membantu memperbaiki susunan gigi.

Namun, kini tujuan dari segi medis justru seolah digantikan oleh fungsi kosmetik yang membuat pemakai behel terlihat lebih fashionable karena mengikuti tren.

Tak jarang pula didapati pengguna yang memanfaatkan jasa pemasangan kawat gigi abal-abal sebab tergiur oleh tarif yang murah dibandingkan apabila pergi ke dokter gigi.

Behel Gigi

Tahukah Anda, meskipun bertujuan baik, pemasangan behel gigi juga memiliki dampak negatif? Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Di antaranya pengetahuan pemakai yang kurang dan juga tenaga medis yang membantu pemasangan. Proses pemasangan tidak mengikuti prosedur yang tepat serta komponen-komponen yang digunakanpun bukanlah yang resmi direkomendasikan dalam bidang medis.

Beberapa resiko yang potensial ditimbulkan dari keputusan menggunakan jasa tukang gigi atau spesialis pasang behel gigi yang kurang jelas kredibiltasnya di antaranya:

  • Tulang gigi yang merupakan pondasi agar gigi tetap kokoh, justru mengikuti cekatan behel sehingga membuat gigi di atasnya menjadi goyah.
  • Tujuan pemakaian yang hanya sebagai fashion, biasanya tidak mengutamakan faktor kebersihan. Itulah mengapa model komponen yang digunakan tidak seperti yang seharusnya dan lebih sulit untuk dibersihkan.
  • Sulitnya membersihkan model behel yang bentuknya terlalu mengikuti tren tentunya akan menimbulkan penumpukan kuman dan bakteri. Tidak heran apabila pemakai kawat gigi tetap memiliki masalah kesehatan mulut seperti bau tidak sedap. Ditambah lagi tidak adanya perhatian pada penggunaan produk kebersihan mulut yang khusus dikenakan oleh pengguna behel.
  • Proses pemasangan yang tidak mengikuti aturan resmi bukan tidak mungkin justru menjadi penyebab susunan gigi yang berantakan. Bukannya menjadi lebih baik, setelah dilepas, hasilnya justru mengecewakan. Penyebabnya adalah kecenderungan gigi mengikuti kawat gigi yang dipasang.
  • Resiko tertularnya berbagai penyakit yang disebabkan oleh penggunaan alat-alat yang tidak terjamin kebersihannya.
  • Pemasangan behel gigi yang tidak sesuai prosedur juga bisa membuka jalan tertularnya penyakit seperti hepatitis dan HIV. Komponen kawat gigi yang terus bergesekan bisa menyebabkan luka di bibir atau pipi bagian dalam. Apabila Anda terbiasa melakukan aktivitas seksual menggunakan mulut, mulai dari sekedar ciuman sampai dengan oral seks, luka di mulut tersebut bisa menjadi jalan masuknya penyakit menular ke dalam darah.

Jangan pernah ambil resiko. Anda harus berpikir dua kali sebelum menggunakan jasa pemasangan kawat gigi dari tukang gigi.

Mereka bisa saja membandrol tarif yang sangat murah. Tetapi, prosedur yang benar hanya dipahami oleh mereka yang membidangi bidang ortodonti.

Apabila Anda khawatir harus mengeluarkan banyak uang untuk pasang behel gigi, Orange Dental bisa menjadi rujukan sebab klinik resmi yang berlokasi di Jakarta ini menawarkan program cicilan yang tidak menguras isi kantong.

By | 2015-08-13T00:23:15+00:00 August 13th, 2015|Behel Gigi, Tentang Gigi|0 Comments