Teknik Implan Aman dalam Pemasangan Gigi Palsu Permanen

Gigi palsu permanen merupakan salah satu model gigi palsu yang ditawarkan kepada pasien yang membutuhkan gigi pengganti yang telah tanggal sebagian. Manusia, mengalami penggantian gigi tanggal secara alami hanya satu kali yaitu saat pergantian gigi sulung di masa anak-anak ke gigi permanen untuk selanjutnya sampai usia dewasa.

Sehingga, ketika secara terpaksa pada usia dewasa giginya harus tanggal karena kecelakaan atau dicabut karena masalah gigi bolong dan lain-lain, maka terpaksa juga harus mengalami apa yang namanya ompong.

Keadaan ini sering membuat Sahabat Orange yang mengalaminya merasa tidak nyaman. Bukan saat bicara atau tersenyum saja, tapi juga saat makan dan mengunyah. Maka, solusi gigi palsu pun menjadi salah satu alternatifnya.

Gigi Palsu Permanen

Gigi palsu dibedakan dalam dua model, lepasan dan permanen. Keduanya memiliki kelebihan, kekurangan, serta harga masing-masing yang bisa Sahabat Orange pilih sesuai kebutuhan dan budget masing-masing.

Diantara keduanya, gigi palsu lepasan memiliki harga yang lebih murah. Harga ini sebanding dengan kualitas yang diberikannya, karena dibanding gigi palsu permanen yang terlihat lebih indah baik dari segi bentuk maupun keseragaman bahan yang digunakan yang membuatnya sama seperti gigi asli, gigi palsu lepasan terlihat jelas sebagai gigi palsu. Jadi, bagi Sahabat Orange yang memiliki budget lebih banyak untuk mendukung penampilan di samping fungsi dari gigi palsu itu sendiri, disarankan lebih memilih gigi palsu yang permanen tersebut.

Pengaruh material atau bahan yang digunakan dari gigi palsu lepasan dibanding permanen merupakan salah satu faktor perbedaan harganya. Gigi palsu lepasan antara lain ada yang menggunakan akrilik dengan free and akrilik, partial akrilik, dan full denture akriliknya serta ada yang berasal dari Valplast atau Flexy Denture. Rata-rata, material akrilik yang digunakan sebagai bahan dalam pembuatan gigi palsu untuk penggantian gigi jumlah banyak hingga keseluruhan ini memiliki karakter kurang nyaman dan kaku sekalipun dimaksudkan agar mudah dilepas dan dipasang kembali oleh penggunanya.

Berbeda dengan Valplast, walaupun sama-sama memiliki kerangka logam yang kaku, namun platnya lebih fleksible dibanding plat akrilik. Warnanya pun lebih transparent, sehingga dibanding bahan akrilik bahan Valplast ini lebih diunggulkan.

Sedangkan material yang terbaik ada pada material yang digunakan dalam gigi palsu permanen adalah porselen. Terdapat crown porselen dimana penggantian dilakukan mahkota gigi yang patah dan masih sehat, mahkota pasak unit gigi yang terpaksa dicabut sehingga gigi palsu menjadi penggantinya, dan bridge atau jembatan dimana pemasangannya dikaitkan dengan gigi sebelahnya.

Sayangnya, untuk bridge ini Sahabat Orange harus mengorbankan gigi lain di sebelahnya karena akan digunakan sebagai pegangan dari gigi palsu tersebut.

Saat ini teknik implant merupakan teknik terbaru dalam pemasangan gigi palsu untuk Sahabat Orange yang ingin memasangnya secara permanen. Perlu kehati-hatian dalam pemasangannya dan harganya pun tidak murah. Sahabat Orange bisa melakukan teknik modern ini di Orange Dental House dengan para dokter gigi profesionalnya.

Sebelumnya, Sahabat Orange pun bisa mengkonsultasikan maupun memeriksakan masalah kesehatan gigi ini secara online melalui website kami ini, termasuk untuk reservasi lebih awal. Mengenai harganya, pemasangan gigi palsu permanen di klinik yang mengutamakan kenyamanan pasiennya selama melakukan konsultasi hingga tindakan ini lebih terjangkau.

Leave a Reply