Tips Merawat Gigi Palsu

Gigi rapi pasti menjadi dambaan setiap orang. Selain mempercantik penampilan, gig yang rapi juga memberikan nilai estetis tersendiri. Karena itu, banyak orang yang mulai mencari cara untuk merapikan gigi mereka.

Masalah muncul ketika gigi tanggal dan tidak tumbuh lagi. Hal itu pasti menyisakan lubang di gigi yang mungkin buat kamu kurang enak untuk dipandang, apalagi jika gigi yang tanggal itu berada di tengah atau terlihat. Pasti malu rasanya kalau orang lain tahu bahwa kamu ompong. Untuk “menambal” ompong tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu memasang kawat gigi untuk meratakan, atau memasang gigi palsu.

klinik gigi palsu

Nah, kalau kamu mau cara yang cepat, pasang gigi palsu bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu. Selain waktunya singkat, hasilnya pun bisa lebih bagus. Kamu bisa memesan gigi palsu di klinik gigi palsu atau pergi ke dokter gigi. biayanya pun bervariasi, tergantung berapa banyak gigi yang kamu butuhkan dan kesulitannya.

Setelah memasang gigi palsu, bukan berarti masalahmu selesai. Gigi tersebut masih harus kamu rawat dan perhatikan cara pemakaiannya. Nah kalau kamu belum tahu caranya, berikut ini adalah beberapa cara untuk merawat gigi palsumu agar awet dan tetap bersih.

  1. Gunakanlah pembersih khusus gigi palsu yang disarankan oleh dokter. Kamu bisa gunakan pembersih yang diberikan dokter atau membelinya di toko atau apotek. Banyak sekali jenis pembersih gigi yang bisa kamu gunakan, baik yang cair atau tablet efervescent.
  2. Hindarilah penggunaan pasta gigi pada gigi palsumu, karena kandungan pada pasta gigi tidak sesuai dengan bahan gigi palsu. Jika digunakan, maka akan menyebabkan abrasi pada gigi palsu dan akan mudah rusak.
  3. Gunakanlah sikat gigi yang lembut agar tidak merusak tekstur gigi. sikat yang lembut akan menjaga tekstur gigi lebih lama, sedangkan sikat dengan bulu yang kasar dapat menyebabkan goresan pada gigi.
  4. Setelah melepaskan gigi palsu, biasakanlah untuk membersihkannya. Saat akan memasang pun juga demikian. Dengan menjaga kebersihan gigi palsu, berarti kamu juga menjaga kebersihan mulutmu.
  5. Berikan lapisan saat ingin melepaskan gigi palsumu. Jangan sampai jatuh ke lantai atau tempat- tempat kotor lainnya karena dapat menimbulkan bakteri pada gigi dan mempengaruhi kesehatan mulutmu.
  6. Rajin- ajinlah menghilangkan sisa makanan pada gigi. caranya bisa dengan bersihkan sisa makanan dengan tusuk gigi, atau bilas dengan air bersih saat selesai menggunakan.
  7. Jangan gunakan gigi terus menerus selama 24 jam. Lepaskanlah gigi palsumu paling tidak 6 jam dalam sehari.
  8. Kalau kamu sering melepas gigi palsumu, sebaiknya rendam dengan air. Hal ini untuk menghindarkan gigi dari kotoran dan bakteri yang ada di udara. Selain itu, gigi palsu mudah panas, sehingga dengan merendamnya di dalam air akan menjaganya tetap dingin.

Ingin pasang gigi palsu permanen atau lepasan dengan harga terjangkau? Segera hubungi kami pada nomer di bawah.

Salam Hangat,

Orange Dental House

Contact Small

By | 2014-11-19T04:20:59+00:00 November 19th, 2014|Gigi Palsu, Tentang Gigi|4 Comments