Veneer Gigi – Solusi Cepat Senyum Cantik

Veneer gigi adalah salah satu solusi cepat untuk mendapatkan gigi putih berderet rapi.

Veneer Gigi Olla Ramlan

Veneer Olla Ramlan via Brilio.net

Karena itulah veneer gigi ini terkenal hingga digunakan oleh kalangan selebritis. Namun apakah efek samping dari perawatan ini? Bagaimana proses perawatannya? Berapa harganya?

Artikel ini mencoba menjawabnya untuk sahabat orange.

Karena artikel ini akan cukup panjang, sahabat orange dapat berpindah langsung ke bagian yang paling menarik untuk sahabat orange pada link di bawah:

  1. Tujuan perawatan veneer gigi
  2. Efek samping veneer gigi
  3. Jenis perawatan veneer gigi
  4. Prosedur veneer gigi
  5. Harga veneer gigi

Tujuan Perawatan Veneer Gigi


Walaupun sekarang sering dimanfaatkan sebagai sarana untuk mendapatkan gigi putih dan rapih secara cepat, namun sejatinya tujuan perawatan veneer antara lain sebagai berikut:

  1. Mengkoreksi diastema, atau celah antara gigi.
  2. Memperbaiki gigi yang mengalami perubahan warna.
  3. Memperbaiki bentuk gigi.
Veneer Gigi Catherine Zeta Jones

Catherine Zeta Jones Veneer via Allon4dentalimplants.org

Dengan tujuan perawatan seperti di atas, maka seharusnya tidak semua orang cocok untuk perawatan veneer. Perawatan veneer tidak cocok untuk diterapkan pada pasien yang antara lain memiliki kondisi sbb:

  1. Memiliki kebiasaan mengerat dimalam hari atau biasa disebut bruxism.
  2. Gigi dengan email tidak memadai.
  3. Gigi patah dengan tingkat keparahan yang cukup tinggi.
  4. Celah antar gigi yang cukup besar.
  5. Gigi dengan mahkota yang pendek.

Apabila tetap dipaksakan, maka pasien memiliki resiko untuk mengalami efek samping perawatan veneer gigi seperti di bawah.

Efek Samping Veneer Gigi


Seperti layaknya perawatan yang lain, akan ada efek samping terhadap pemasangan veneer gigi, diantaranya adalah:

Gigi Menjadi Lebih Sensitif

Dalam proses pemasangan veneer  gigi memerlukan preparasi atau mengasah gigi sehat sekitar 0.5 mm agar gigi yang dipasang veneer tidak terlihat maju atau terlalu tebal.

Akibat proses pengasahan ini kemampuan proteksi email gigi menjadi menurun sehingga gigi akan lebih sensitif terhadap makanan atau minuman yang terlalu panas atau dingin.

Belum lagi apabila veneer yang sudah dipasang lepas dan perlu dilakukan pemasangan ulang, maka pengasahan pun perlu diulang kembali sehingga lapisan email gigi akan semakin tipis. Hal ini akan semakin mengurangi kemampuan proteksi email gigi.

 

Gigi Lebih Sensitif

Gigi Lebih Sensitif via Kesehatangigiku.com

Gigi Lebih Mudah Berlubang

Pemasangan veneer yang kurang baik dapat menyebabkan terbentuknya celah antara veneer dan gigi asli yang dapat menjadi tempat bertumpuknya sisa makanan yang sulit dibersihkan.

Apabila dibiarkan dalam waktu lama makan akan dapat membentuk karies atau gigi berlubang.

Perawatan veneer bersifat permanen, maka sahabat orange perlu memilih dokter yang kompeten untuk melakukan pemasangan veneer gigi agar efek samping seperti di atas tidak terjadi.

Jenis Perawatan Veneer


Secara garis besar, perawatan veneer dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu direct dan indirect.

Direct Vener (Composite)

Dalam perawatan direct, veneer langsung dikerjakan oleh dokter gigi pada gigi pasien dengan menggunakan bahan resin komposit yang sesuai. Dalam pengerjaannya pasien perlu membuka mulut cukup lama sehingga kadang dapat menimbulkan sedikit rasa kurang nyaman.

Apabila tidak memerlukan perawatan lain terlebih dahulu, pekerjaan veneer direct dapat dilakukan dalam 1 kali kunjungan.

Veneer jenis direct lebih terjangkau apabila dibandingkan dengan indirect, namun lebih mudah berubah warna dan tingkat ketahanannya tidak sekuat veneer indirect yang dikerjakan di lab gigi.

Indirect Veneer (Porcelain)

Sedangkan dalam perawatan indirect, veneer dibuat di lab gigi dengan menggunakan bahan porselen dengan warna dan bentuk yang sesuai dengan kondisi gigi pasien.

Veneer Gigi Indirect

Indirect Veneer via Deardoctor.com

Untuk perawatan indirect memerlukan kunjungan paling sedikit 3 kali karena pada kunjungan pertama akan dilakukan diagnosa kondisi gigi, pencetakan model, pemilihan warna gigi dan desain yang sesuai. Pada kunjungan kedua baru dilakukan preparasi atau pengasahan gigi. Baru setelah veneer telah selesai dikerjakan di lab, pada kunjungan ketiga veneer dipasang pada gigi pasien.

Dengan perawatan yang baik veneer indirect bisa bertahan hingga 15 tahun atau lebih, sedangkan veneer direct atau sering disebut composite veneer hanya bisa bertahan hingga 7-10 tahun dan lebih mudah untuk berubah warna.

Prosedur Veneer Gigi

Prosedur Veneer Gigi

Prosedur Pemasangan Veneer Gigi via Drguptadentalcare.com

Untuk mendapatkan perawatan veneer yang baik, berikut adalah prosedur yang perlu sahabat orange lakukan:

  1. Buat appointment dengan dokter gigi yang berkompeten. Dokter spesialis yang menangani veneer adalah dokter spesialis konservasi gigi dan prosthodontist.
  2. Dokter akan melakukan diagnosa apakah gigi pasien memenuhi syarat untuk menggunakan veneer sekaligus diskusi mengenai keinginan pasien dan jenis veneer yang ingin digunakan.
  3. Apabila pasien sudah setuju maka untuk pembuatan dokter akan melakukan pencetakan model gigi untuk pembuatan wax up agar pasien bisa melihat perkiraan hasil akhir veneer akan seperti apa nantinya.
  4. Setelah setuju dengan wax up maka dokter akan mulai melakukan preparasi dengan mengasah sekitar 0.5 mm pada gigi yang akan dipasang veneer. Selain sebagai tempat melekatnya veneer, prosedur ini juga berfungsi agar gigi tidak terlihat tebal apabila sudah dipasang veneer.
  5. Untuk direct veneer maka dokter akan langsung mengerjakan veneer di gigi pasien, namun untuk indirect veneer maka pasien akan dibuatkan veneer semantara selagi veneer porselen dibuat di lab.
  6. Dokter melakukan pemasangan indirect veneer pada pasien. Sebelum akhirnya veneer bisa dipasang permanen, dokter akan melakukan try in terlebih dulu untuk memastikan veneer bisa terpasang dengan baik dan hasil sesuai dengan keinginan pasien.

Harga Veneer Gigi


Harga veneer gigi bervariasi tergantung dari dokter yang mengerjakan dan jenis klinik gigi yang melayani. Menurut informasi dari Ruangsehat.net, harga direct veneer berkisar antara 1.500.000 – 3.500.000/gigi dan indirect veneer berkisar antara 4.000.000 – 10.000.000/gigi.

Tapi jangan khawatir, khusus di Orange Dental harga veneer gigi jenis indirect hanya 3.600.000/gigi dan jangan khawatir akan kualitas karena dikerjakan langsung oleh dokter spesialis yang kompeten.

Harga tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, silahkan hubungi kami pada nomor di bawah untuk info lebih lanjut.

Demikian info mengenai veneer gigi, semoga bermanfaat untuk sahabat orange.

Leave a Reply