2 Cara Memutihkan Gigi: Pilih Alami atau ke Klinik Gigi?

Cara memutihkan gigi baik secara alami ataupun dengan perawatan di klinik gigi dicari oleh banyak orang. Karena mempunyai gigi dengan warna kuning dapat membuat penampilan seseorang terlihat tidak menarik.

cara memutihkan gigi

Perbandingan Antara Gigi Berwarna Kuning dan Putih

Karena artikel ini cukup panjang, sahabat orange bisa pilih langsung ke bagian yang paling kamu ingin baca:

Penyebab Gigi Kuning

Warna gigi merupakan salah satu yang ditentukan oleh DNA sehingga banyak orang yang terlahir dengan warna gigi kuning gading.

Selain dari faktor DNA, banyak  faktor gaya hidup yang juga berperan membuat gigi jadi kuning, diantaranya:

Gigi yang tidak bersih

Timbunan plak dari proses pembersihan gigi yang kurang maksimal merupakan salah satu penyebab utama noda gigi.

Kerusakan email gigi

Seiring bertambahnya usia, email gigi cenderung melemah dan membuat lapisan dentin dibawahnya dengan substansi lebih gelap menjadi lebih terlihat.

Hal tersebut dapat menyebabkan gigi menjadi terlihat kuning.

Minum kopi, teh, dan anggur

Minuman seperti kopi, teh dan anggur mengandung substansi tanin, chromogen, dan asam yang tinggi yang apabila melekat di email gigi dapat menyebabkan noda.

cara memutihkan gigi

Minum Kopi Dapat Mengakibatkan Noda Pada Gigi

Cara Memutihkan Gigi

Setelah tau penyebab gigi kuning, sahabat orange bisa memilih cara memutihkan gigi yang sesuai dengan sahabat orange.

Bisa dengan cara alami atau dengan kunjungan ke klinik gigi.

 

 

Download Our Pricelist

 

Cara Memutihkan Gigi Alami

Baking Soda

Baking soda dipercaya sebagai salah satu bahan untuk memutihkan gigi yang mudah didapat.

Caranya adalah dengan menggosok gigi dengan menggunakan pasta gigi yang dibuat dari campuran baking soda selama beberapa kali dalam seminggu.

Pasta gigi tersebut dibuat dengan mencampurkan 1 sendok teh baking soda dengan 2 sendok teh air.

Atau bisa juga dibuat obat kumur dengan mencampurkan 1 sendok teh baking soda ke 1 gelas air dan kumur sekitar 2-3 menit.

Garam Laut

Garam laut juga dipercaya sebagai salah satu bahan untuk memutihkan gigi.

Caranya dengan mencampurkan 1 sendok teh garam laut dengan 1 gelas air kemudian gosok gigi kamu dengan campuran tersebut selama 3-5 menit.

Selain memutihkan, garam laut juga dapat membantu menjaga pH mulut yang dapat menjaga kesehatan mulut dari kuman dan bakteri.

Minyak Kelapa

cara memutihkan gigi

Sikat Gigi dengan Minyak Kelapa dapat Memutihkan Gigi

 Minyak kelapa dapat digunakan sebagai salah satu bahan untuk memutihkan gigi.

Caranya adalah dengan mengoleskan minyak kelapa pada gigi setelah selesai menyikat gigi lalu diamkan selama 5-20 menit, setelah itu lanjutkan dengan kumur untuk membilas dan membersihkan gigi.

Atau dengan cara lain yaitu dengan menggosok gigi menggunakan kain yang sudah diberikan minyak kelapa.

Selain untuk memutihkan, bahan ini juga memiliki fungsi sebagai antibakteri sehingga baik untuk melindungi dan membersihkan gusi.

Cuka Sari Apel

Bahan yang satu ini terkenal efektif sebagai antiobiotik alami yang dapat membersihkan noda di gigi yang membandel, seperti noda akibat sering minum kopi atau merokok.

Cara Memutihkan Gigi dengan Cuka Sari Apel

Karena mengandung senyawa asam asetat, kalium, dan magnesium, cuka apel juga berfungsi sebagai pembunuh kuman dan bakteri berbahaya dan mendorong pertumbuhan bakteri probiotik yang baik bagi pencernaan.

Cuka apel memiliki tingkat pH yang cocok untuk dapat memecahkan plak gigi, sehingga cocok digunakan sebagai salah satu pilihan cara memutihkan gigi secara alami.

Cara Memutihkan Gigi di Klinik Gigi

Cara memutihkan gigi di klinik gigi menggunakan bahan bleaching yang berbahan dasar hydrogen peroxide atau carbamide peroxide.

Walaupun bagian luar gigi, yang disebut enamel, terlihat padat, namun dalam level mikroskopik bagian tersebut memiliki banyak rongga.

Noda dan komponen dari yang kamu makan dan minum akan mengisi rongga tersebut yang pada akhirnya menyebabkan gigi kamu terlihat kuning.

Bahan bleaching bekerja dengan menyebabkan reaksi kimia yang memecahkan komponen yang menyebabkan noda tersebut.

cara memutihkan gigi

Salah Satu Produk Bahan Bleaching

Sebelum memulai proses pemutihan gigi, dokter gigi akan mengukur derajat keputihan gigi kamu dengan menggunakan shade guide dan memasang pelindung gusi yang berguna untuk melindungi gusi selama perawatan.

Setelah itu, dokter gigi akan mengaplikasikan bahan bleaching dengan konsentrasi bahan aktif sebesar 10 – 35 persen dan kadang disinari untuk mempecepat proses reaksinya.

Setelah didiamkan selama 15 menit, dokter gigi akan membersihan bahan bleaching dan mengaplikasikan kembali bahan bleaching pada gigi pasien.

Aplikasi akan diulang sebanyak 3 kali dengan jeda masing-masing 15 menit.

Hasil dari memutihkan gigi di klinik gigi biasanya dapat menaikan derajat keputihan dari 2 – 10 tingkat, tergantung dari warna gigi awal.

Apabila hasil yang didapatkan kurang maksimal, sahabat orange bisa menggunakan layanan veneer gigi untuk mendapatkan gigi yang lebih putih.

Efek Samping Memutihkan Gigi

Memutihkan gigi dapat mempunyai efek samping apabila tidak dilaksanakan dengan prosedur yang benar, antara lain:

Rasa Ngilu

Rasa ngilu bisa terjadi selama perawatan atau hingga 24-48 jam setelah perawatan. Hal ini disebabkan karena ronga yang tadinya berisi bahan pemutih sekarang menjadi kosong. Sehingga apabila terkena air dingin atau angin akan menyebabkan rasa ngilu.

Iritasi Gusi

Bahan peroksida yang digunakan oleh dokter gigi bersifat kaustik dan dapat membuat iritasi atau merusak jaringan gusi.

Untuk itu pemasangan gingival barrier sebelum melakukan whitening adalah prosedur yang wajib dilaksanakan untuk melindungi gusi.

cara memutihkan gigi

Pemasangan Gingival Barrier untuk Melindungi Gusi Sebelum Aplikasi Bahan Bleaching

Cara Merawat Gigi Tetap Putih

Punya gigi cantik yang putih pasti bikin seneng. Sekarang sahabat orange perlu tau bagaimana menjaga gigi tersebut bisa tetap putih, gini caranya:

  1. Hindari makanan dan minum yang mengandung senyawa tanin seperti kopi, teh dan anggur.
  2. Konsumsi minuman bersoda atau permen manis beraneka warna juga sebaiknya dihindari.
  3. Yang sering merokok juga sebaiknya dikurangi atau berhenti. Karena selain berbahaya bagi kesehatan juga membuat gigi jadi kuning.
  4. Terlalu banyak konsumsi gula juga dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri Streptococcus yang dapat menyebabkan plak. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi gula juga dikurangi.
  5. Memperbanyakan konsumsi makan yang memiliki kandungan kalsium tinggi seperti susu, keju, dan brokoli dapat memperkuat enamel dan mencegah gigi menjadi kuning.

Jadi pilih mana? Memutihkan gigi secara alami atau ke klinik gigi? Keputusannya tergantung sahabat orange sendiri. Namun pemutihan gigi di klinik gigi memiliki hasil yang lebih maksimal dan menggunakan bahan bleaching yang dibuat khusus untuk mencerahkan warna gigi.

 

Ingin konsultasi lebih lanjut layanan pemutihan gigi yang aman dan efektif? Tinggalkan nomor telepon kamu pada form di bawah dan staf kami akan segera menghubungi kamu.

 

Kami akan Segera Menghubungi Kamu

By | 2018-10-19T10:39:33+00:00 April 13th, 2018|Pemutihan Gigi|0 Comments
WhatsApp chat