Mengenal Gigi Palsu Permanen atau Implan Gigi

Salah satu pilihan jenis gigi palsu yang ada saat ini adalah gigi palsu permanen atau yang sering juga disebut dengan implan gigi atau tanam gigi. Jenis gigi palsu yang satu ini dinamakan permanen karena sang pengguna tidak bisa melepas dan memasangnya sesuka hati mereka. Sesuai dengan namanya, gigi ini ditanam di dalam rahang persis seperti gigi asli. Inti dari gigi palsu permanen ini adalah sebuah bahan seperti titanium yang ditanamkan kedalam tulang rahang yang nantinya akan berfungsi seperti bagian akar pada gigi. Bagian titanium ini memiliki desain dimana ada bagian yang akan tertanam dan ada juga bagian yang muncul di permukaan gusi, yang nantinya akan diselubungi oleh mahkota gigi.

Gigi Palsu Permanen

Biaya untuk pemasangan gigi palsu jenis permanen yang satu ini  memang tergolong paling mahal bila dibandingkan dengan jenis gigi palsu yang lainnya. Namun, terlepas dari biayanya yang tergolong tinggi, gigi palsu permanen ini bisa bertahan sangat lama bahkan hingga seumur hidup, dengan catatan bahwa gigi ini dirawat dengan baik serta tidak ada penyakit atau infeksi yang terjadi pada daerah tersebut. Untuk mahkota gigi implan ini sendiri, yaitu bagian gigi yang berada di atas gusi dan menyerupai gigi sebenarnya,  mampu bertahan selama 15 hingga 20 tahun sebelum perlu dilakukan pergantian. Jumlah pemasangan gigi implan ini tidaklah terbatas mulai dari satu hingga untuk keseluruhan gigi. Selain fungsi dan bentuknya yang menyerupai gigi asli, gigi palsu permanen juga perlu diperlakukan sama seperti gigi asli. Artinya, gigi ini juga perlu dirawat dengan teratur dengan cara menjaga kebersihan gigi dengan sikat gigi secara teratur dan melakukan kontrol ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Proses pemasangan implan gigi mulai dari awal hingga selesai memang bisa memakan waktu yang cukup lama hingga 3 bulan lamanya, karena ada beberapa proses yang perlu dilewati oleh sang pemakai implan. Salah satu proses yang akan dilalui adalah proses penyatuan antara tulang rahang dengan bahan titanium  yang dimasukkan ke dalam bagian tulang tersebut. Proses inilah yang bisa memakan waktu cukup lama dan bisa bervariasi antara satu orang dengan orang yang lainnya. Mengingat proses pemasangan implan gigi yang terlihat cukup rumit ini, maka Anda perlu memastikan untuk memasang implan gigi di tempat yang tepat dan ditangani oleh dokter gigi yang profesional. Di tempat kami di Orange Dental House, Anda dipastikan akan mendapatkan layanan yang terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda pastinya. Para dokter yang ada akan memberikan semua informasi yang Anda butuhkan mengenai proses ini, sehingga Anda akan merasa tenang dan nyaman selama proses pemasangan gigi palsu permanen berlangsung.

By | 2015-05-10T22:30:43+00:00 May 10th, 2015|Gigi Palsu, Tentang Gigi|0 Comments
WhatsApp chat