Obat Sakit Gusi Ampuh yang Mudah Kamu Temukan

Sebagai jaringan lunak yang sangat sensitif terhadap sentuhan, gusi bisa saja tiba-tiba terasa nyeri setelah menyikat gigi. Tapi nyeri seperti ini biasanya tidak akan berlangsung lama. Bisa hilang dalam 24 jam atau bisa juga dalam beberapa hari.

Bagaimana Jika Sakit Gusi Tak Kunjung Hilang?

Masalahnya, bagaimana dengan gusi yang terasa sakit terus-terusan? Faktanya, ada beberapa tanda yang menandakan gusi kamu sedang bermasalah.

1. Gusi terasa lebih lunak dan memerah.
  2. Gusi sering berdarah.
  3. Gusi bengkak.
  4. Gusi terasa nyeri dan berdenyut.
  5. Garis gusi turun sehingga gigi terlihat lebih memanjang.
  6. Mulut bau dan terasa tidak nyaman

Nah, jika Sahabat Orange mengalami beberapa gejala di atas dan tidak kunjung sembuh, sebaiknya segera melakukan kunjungan ke dokter gigi. Tapi, sebagai langkah pengobatan pertama Sahabat Orange bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek, seperti Paracetamol, Ibuprofen, atau bisa juga menggunakan kompres dingin untuk meredakan nyeri dan pembengkakannya.

Apa Penyebab Sakit Gusi?

Sakit gusi dapat disebabkan oleh sejumlah penyakit yang umumnya terjadi pada area gigi dan mulut. Contohnya sariawan yang disertai dengan luka memerah, gingivitis atau peradangan yang terjadi karena gusi teriritasi sehingga menjadi lunak, kemerahan, berdarah, periodontitis yaitu keadaan dimana gingivitis yang tidak ditangani dan menyebabkan kerusakan pada jaringan penyangganya, perubahan hormon saat hamil atau menopause, atau riwayat penyakit lainnya misal diabetes atau kekurangan vitamin K.

Sayangnya, hampir semua penyakit ini biasanya dikarenakan oleh buruknya kebersihan gigi dan mulut, selain riwayat penyakit, konsumsi obat-obatan, atau faktor genetik. Mulanya sisa makanan jika tidak dibersihkan akan membentuk plak. Plak adalah lapisan bewarna putih kekuningan dan lengket yang menempel pada permukaan gigi. Plak ini ajan bercampur dengan bakteri dan mineral dari air liur, sehingga lama-kelamaan akan mengeras dan berubah menjadi karang gigi. Jika sudah seperti ini, bau mulut dan radang gusi.

Karang gigi tidak bisa hilang dengan sikat gigi atau flossing saja. Karang gigi ini dapat menyebabkan gingivitis atau radang gusi, dimana lama kelamaan apabila dibiarkan terus menerus akan menjadi radang jaringan penyangga atau periodontitis. Dan satu-satunya cara untuk membersihkan karang gigi adalah melalui perawatan pembersihan karang gigi oleh dokter gigi atau yang biasa disebut dengan scaling.

Jadi, jangan lupa untuk selalu disiplin merawat dan membersihkan area gigi serta mulut setiap hari ya. Seperti menyikat gigi dua kali sehari setelah sarapan dan sebelum tidur malam tentunya dengan teknik menyikat yang benar, melakukan dental flossing satu kali sehari untuk membersihkan sela-sela gigi, berkumur dengan obat kumur, mengurangi bahkan berhenti merokok, mengurangi konsumsi makanan manis dan lengket, serta rutin kontrol kesehatan dan kebersihan gigi ke dokter gigi stiap 6 bulan sekali.

Nah buat Sahabat Orange yang mengalami sakit gusi dan tidak kunjung sembuh, baiknya lakukan kunjungan ke dokter gigi agar bisa segera ditangani ya.

Untuk kamu yang ingin konsultasi dengan dokter gigi di Orange Dental, jangan lupa untuk melakukan reservasi terlebih dahulu melalui customer service kami dengan klik tombol whatsapp di bawah ini.

Kami tunggu kedatangannya di Orange Dental!

Nah, buat Sahabat Orange yang ingin pasang behel dengan program cicilan ini, kamu bisa tanya lebih lanjut ke customer service Orange Dental lewat tombol whatsapp yang ada di bawah ya!

Sampai bertemu di Orange Dental!