Sakit Gigi: Penyebab, Gejala, dan Cara Meredakan Sakit Gigi

Sakit gigi katanya lebih baik dibanding sakit hati, tapi tetep aja rasanya tidak enak. Sakit gigi merupakan kondisi ketika muncul rasa nyeri di dalam atau di sekitar gigi dan rahang, yang tingkatan sakitnya bisa bervariasi dari ringan hingga berat. Sakit gigi yang terjadi secara terus menerus maupun hilang timbul, biasanya sangat mengganggu aktifitas seseorang.

Sakit Gigi Bikin Pusing

Perlu diingat ya sahabat orange, rasa sakit merupakan sebuah alarm yang memberi tahu kita bahwa ada yang salah dengan bagian tubuh tersebut. Jika kamu tiba-tiba mengalami sakit gigi, bisa jadi rasa sakit tersebut berasal dari adanya masalah pada gigi atau gusi kamu. Namun pada kasus tertentu, sakit gigi juga bisa jadi pertanda adanya penyakit lain yang menimbulkan nyeri yang menjalar pada area gigi.

Solusi terbaik jika kamu mengalami sakit gigi adalah dengan berobat ke dokter gigi. Karena dokter gigi akan mencari tahu apa penyebab dari rasa sakit tersebut.

Penyebab Sakit Gigi

Seperti yang dijelaskan tadi, sakit gigi biasanya muncul sebagai tanda adanya masalah pada gigi atau gusi kamu. Berikut masalah pada kesehatan gigi dan mulut yang dapat menjadi penyebab timbulnya sakit gigi yaitu :

• Gigi berlubang
    • Gusi bengkak
    • Gigi bungsu yang tumbuh dengan posisi miring (Impaksi gigi)
    • Peradangan gusi atau Gingivitis
    • Pembusukan gigi
    • Tumbuh gigi pada anak-anak
    • Permasalahan pada kawat gigi

Seseorang akan lebih berisiko mengalami sakit gigi apabila :

• Memiliki kebiasaan merokok
    • Menderita penyakit diabetes
    • Mengonsumsi obat tertentu

Gejala Sakit gigi

Tingkatan nyeri dari sakit gigi bisa bervariasi lho, mulai dari yang ringan hingga berat. Namun kamu harus segera periksakan kondisi mu ke dokter gigi jika kamu mengalami sakit gigi yang disertai dengan beberapa gejala berikut ini ya :

• Gusi bengkak
    • Nyeri saat mengunyah
    • Nyeri yang timbul secara tiba-tiba
    • Nyeri yang menetap atau hilang timbul
    • Susah menelan
    • Bau busuk di dalam mulut
    • Sakit saat membuka mulut

Diagnosis Sakit Gigi

Dalam mendiagnosis pasien yang mengalami keluhan sakit gigi, biasanya dokter gigi akan menanyakan beberapa pertanyaan tentang :

• Letak nyeri
    • Seberapa parah nyeri yang dirasakan
    • Kapan nyeri biasanya muncul
    • Hal yang membuat nyeri semakin memburuk
    • Hal yang dapat meredakan nyeri

Setelah menanyakan beberapa pertanyaan tersebut, biasanya dokter gigi akan melakukan pemeriksaan keseluruhan pada gigi dan mulut kamu untuk menemukan penyebab dari munculnya rasa nyeri tersebut. Terkadang untuk lebih meyakinkan diagnosis, dokter gigi akan meminta kamu untuk melakukan foto rontgent gigi apabila diperlukan.

Meredakan Sakit Gigi di Rumah

Solusi terbaik jika kamu mengalami sakit gigi adalah dengan memeriksakannya langsung ke dokter gigi. Namun apabila sakit gigi terjadi pada waktu yang tidak tepat seperti pada waktu tengah malam atau pada kondisi dimana kamu tidak bisa ke dokter gigi, kamu bisa mencoba beberapa tips ini :

• Berkumur air hangat
    • Mengompres pipi pada area yang sakit dengan kompres dingin
    • Minum obat pereda nyeri seperti Paracetamol dan ibuprofen
    • Berkumur dengan obat kumur antiseptik

Tapi perlu di ingat ya sahabat orange, tips diatas hanya untuk meredakan sakit nya saja bukan untuk menyembuhkan.

Pengobatan Sakit Gigi

Pengobatan sakit gigi bisa dilakukan dengan beberapa tindakan tergantung dari penyebabnya, contohnya yaitu :

• Tambal Gigi : dilakukan jika sakit gigi disebabkan oleh gigi berlubang. Jika gigi berlubang tersebut sudah mengalami pembusukan, dokter gigi akan membersihkan dan mensterilkannya terlebih dahulu sebelum melakukan penambalan.
    • Penambalan ulang : dilakukan jika sakit gigi disebabkan karena rusaknya tambalan yang ada sebelumnya.
    • Perawatan Saluran Akar (PSA) : dilakukan apabila sakit gigi disebabkan oleh karies yang sudah mencapai ke bagian syaraf gigi.
    • Cabut Gigi : dilakukan apabila gigi sudah rusak parah dan tidak bisa diatasi dengan pemberian obat ataupun tindakan lainnya.

Pencegahan

Jika kamu tidak ingin mengalami sakit gigi, sebaiknya rawat dan selalu jaga kebersihan gigi kamu ya sahabat orange. Mulailah langkah – langkah berikut untuk mencegah timbulnya sakit gigi :

• Menyikat gigi dengan cara yang benar minimal 2 kali sehari menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.
    • Membersihkan sel-sela gigi dengan dental floss atau benang gigi.
    • Membatasi konsumsi makanan atau minuman manis.
    • Rutin memeriksakan kesehatan gigi dan mulut kamu ke dokter gigi setiap 6 bulan.

Nah sekarang udah lebih tau kan mengenai sakit gigi. Apabila kamu merasakan sakit gigi dan ingin tau berapa harga perawatan tambal, cabut gigi atau PSA di Orange Dental. Yuk download pricelist kami dengan isi form dibawah ini.

Artikel ini sudah ditinjau oleh drg. Sandra Intan

Get Our Pricelist