4 Hal Penting Sebelum Menggunakan Gigi Palsu

Jangan menggunakan gigi palsu sebelum tau 4 hal penting berikut.

Sekarang ini, menggunakan gigi palsu tidak hanya dilakukan oleh orang tua saja namun juga banyak anak muda yang juga menggunakannya. Penggunaannya juga bukan hanya untuk menggantikan gigi yang hilang namun juga untuk memperbaiki penampilan.

Apapun itu, bagi sahabat orange yang hendak menggunakan gigi palsu, maka sebaiknya ketahui dahulu hal-hal yang penting untuk diketahui dan dipertimbangkan sebelum menggunakannya seperti berikut ini:

  1. Mengapa perlu menggunakan gigi palsu.
  2. Jenis gigi palsu.
  3. Kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis gigi palsu.
  4. Harga menggunakan gigi palsu.

Mengapa Perlu Menggunakan Gigi Palsu

Perlu Gigi Palsu


Ada beberapa alasan yang menyebabkan seseorang perlu memasang gigi palsu dan alasan yang paling umum dan banyak ditemukan ialah karena gigi yang keropos.

Selain alasan gigi keropos, alasan lain yang umum ialah karena giginya tanggal dan juga karena gigi patah. Lalu mengapa gigi yang keropos, patah serta gigi yang tanggal perlu diganti dengan gigi palsu? Tentunya ada beberapa alasan mengapa gigi yang rusak tersebut perlu diganti.

Yang pertama ialah karena gigi yang keropos, tanggal dan juga patah akan menurunkan fungsi gigi dan membuat fungsi gigi menjadi berkurang dan lamban. Hal ini tentunya berkaitan dengan saat sedang mengunyah makanan.

Jika ada gigi yang hilang maka mengunyah makanan akan menjadi sulit dan terasa tidak nyaman. Jadi, alasan yang pertama dan yang paling penting ialah untuk mengembalikan kinerja gigi.

Selain itu, yang kedua ialah karena gigi yang keropos, tanggal dan juga patah tentunya akan merusak estetika dan penampilan seseorang. Selain menggangu penampilan juga akan merubah struktur gigi yang ada pada mulut yang juga memungkinkan mengubah struktur wajah.

Jika ada gigi yang hilang tentunya akan merusak penampilan terutama saat tersenyum bisa saja terlihat bahwa giginya ompong, jika sudah demikian maka kepercayaan diri juga mungkin ikut turun.

Kemudian alasan yang lainnya ialah pergeseran. Jika ada salah satu gigi yang hilang karena keropos dan penyebab lainnya, maka gigi yang disebelah gigi yang hilang tersebut akan mengalami pergeseran sehingga gigi menjadi miring kearah gigi yang hilang tersebut.

Selain itu, saat gigi disebelahnya bergeser, maka kemungkinan sisa makanan akan mudah terselip disela-selanya dan bisa mengakibatkan lubang baru pada gigi yang lainnya.

Jenis Gigi Palsu

Tentunya jika sahabat orange ingin menggunakan gigi palsu, maka sahabat orange harus mengetahui jenis-jenis yang ada dan memilih jenis yang paling sesuai kebutuhan sahabat orange. Karena itu, sebelum menggunakan, sebaiknya ketahui jenis-jenisnya sebagai berikut:

Gigi Palsu Permanen

Gigi palsu permanen dikerjakan oleh dokter gigi dan tidak bisa dilepas. Ada beberapa macam gigi palsu permanen yaitu:

  • Dental implant

Gigi Palsu Implan

Jenis gigi palsu dental implant merupakan gigi palsu permanen yang dapat berdiri sendiri tanpa bantuan dari gigi lain, ini karena dental implant ditanam ke dalam gusi sehingga gigi mampu berdiri sendiri dan berfungsi seperti gigi aslinya.

Ada dua bagian dental implant yakni akar gigi dan mahkota gigi. Yang pertama dikerjakan ialah akar gigi yang dipasang langsung pada gusi dan tulang rahang.

Setelah akar buatan kuat, maka selanjutnya akan dilakukan pemasangan bagian kedua yaitu mahkota gigi. Jarak antara pemasangan akar dan mahkota gigi yaitu sekita satu setengah bulan.

  • Crown

Gigi Palsu Crown

Untuk kasus gigi keropos dan patah, maka gigi palsu crown merupakan pilihan yang tepat.

Crown hanya akan menggantikan gigi yang patah pada bagian atas atau hanya pada bagian mahkotanya saja dan tidak disertai dengan akar gigi.

Jadi, akar gigi akan tetap dipertahankan dan tidak perlu mencabut gigi.

  • Bridge

Gigi Palsu Bridge

Gigi bridge berbeda dengan gigi implant, jika gigi implan ditanam dalam gusi dan menggunakan akar buatan, maka beda halnya dengan bridge.

Jenis gigi palsu ini memanfaatkan gigi yang disebelahnya untuk dijadikan pegangan sehingga harus mengurangi ukuran gigi yang disebelahnya.

Gigi Palsu Lepasan

Gigi palsu permanen dan lepasan berbeda. Jika permanen akan terus melekat dan hanya bisa dikerjakan oleh dokter gigi, maka lepasan dapat dilepas dan dipasang oleh pengguna atau pasien itu sendiri. Ada beberapa macam gigi palsu lepasan, yaitu:

  • Akrilik

Gigi Palsu Akrilik

Jenis akrilik merupakan jenis yang paling umum dan paling tua dengan bahan terbuat dari plat akrilik sehingga jenis ini umumnya tebal. Selain itu, akrilik menggunakan kawat yang dipasang di gigi lain sebagai penyangga.

  • Valplast

Gigi Palsu Valplast

Valplast merupakan jenis yang lentur dan menggunakanan tidak perlu menggunakan kawat. Jenis ini menggunakan bahan thermoplastic yang lebih nyaman digunakan dibandingkan jenis akrilik.

  • Kerangka logam

Gigi Palsu Kerangka Program

Jenis kerangka logam hampir sama dengan akrilik karena sama-sama menggunakan kawat yang diterapkan pada gigi lain. Yang membedakannya ialah jenis ini lebih tipis karena terbuat dari logam.

Kelebihan dan Kekurangan Masing-Masing Jenis Gigi Palsu

Tentunya setiap jenis gigi palsu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk jenis lepasan kelebihannya ialah biayanya yang relatif murah.

Untuk jenis lepasan akrilik, jenis ini relatif murah dan cocok untuk gigi yang tanggal banyak, namun jenis ini mudah patah dan juga aus.

Kemudian untuk jenis permanen tentunya memerlukan perawatan yang ekstra karena akan terus menempel pada gigi, selain itu, harganya juga relatif mahal jika dibandingkan dengan jenis lepasan.

Namun, jenis permanen tidak akan membuat repot karena akan terus menggunakannya jadi tidak perlu lepas menggunakan setiap saat.

Harga Menggunakan Gigi Palsu

Untuk harga menggunakan gigi palsu, akan berbeda tergantung jenis yang dipilih serta bahan yang digunakan seperti berikut ini.

  • Harga menggunakan gigi palsu permanen

Harga menggunakan gigi palsu permanen berbeda berdasarkan jenisnya. Untuk jenis dental implant, merupakan jenis yang paling mahal karena pemasangannya yang cukup rumit.

Harga untuk pemasangan dental implant mulai dari Rp 15.000.000/gigi atau bisa juga lebih tergantung bahan yang digunakan.

Sedangkan harga untuk pemasangan gigi palsu permanen jenis crown dan bridge relatif lebih murah dibandingkan jenis implan yaitu sekitar Rp. 1.500.000/elemen.

  • Harga menggunakan gigi palsu lepasan

Berbeda dengan harga gigi palsu permanen dengan kisaran harga jutaan rupiah, gigi palsu lepasan lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis permanen. Untuk harga jenis akrilik sekitar Rp 650.000.

Sedangkan untuk jenis Valplast lebih tinggi dibandingkan dengan akrilik yakni sekitar Rp 1.500.000.

Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, hubungi Orange Dental untuk harga terbaru.

Untuk mendapatkan pilihan yang terbaik,maka sebaiknya mengetahui dan mempertimbangkan hal-hal tersebut sebelum menggunakan gigi palsu.

Semoga artikel ini bisa membantu sahabat orange untuk memilih gigi palsu terbaik sesuai dengan kebutuhan sahabat orange.

 

Leave a Reply