Pasang Karet Behel Sesuai Prosedur untuk Hasil yang Optimal

Karet behel merupakan salah satu bagian dari seperangkat alat yang dipasang untuk mengatur struktur gigi agar lebih rapi. Kini, semakin banyak orang yang sering terlihat mengenakan behel pada gigi mereka. Terkadang kawat gigi tersebut terlihat biasa saja. Tetapi adapula behel yang tampak warna-warni sehingga terkesan menjadi aksesoris menarik bagi gigi. Tren ini seolah memudarkan fungsi utama dari jenis perawatan bagian mulut yang menganjurkan seseorang menggunakan seperangkat kawat gigi.

Karet Behel

Menurut jenisnya, ada dua tipe behel, yaitu permanen dan lepas pasang. Keduanya, memiliki fungsi utama yang sama, untuk merapikan letak dan susunan gigi. Dengan begitu, diharapkan setelah pemakaian, penampilan seseorang akan menjadi lebih baik, begitupun kemampuan mengunyah makanan dan berbicara. Untuk itu, pemasangan kawat gigi haruslah dilakukan oleh ahlinya. Dalam hal ini yaitu dokter spesialis ortodontis.

Pemasangan kawat gigi yang rumit memang bisa dilihat dari jumlah komponen utama dan aksesoris yang dibutuhkan, yaitu:

  • Bracket – bagian berupa logam kecil yang ditempelkan di setiap gigi.
  • Arch Wires – kawat yang berfungsi menghubungkan antar bracket.
  • Rubber / O Ring / Karet behel – karet yang berfungsi sebagai penahan agar kawat tetap terpasang dengan bracket. Komponen ini juga bisa bersifat aksesoris karena terdapat beragam pilihan warna yang bisa dipesan oleh pasien saat pemasangan kawat gigi.
  • Chain – karet berbentuk rantai saling menyambung antar bracket yang berfungsi membuat gigi lebih cepat rapat dan makin tertarik mundur ke belakang.
  • Spacer – komponen yang berfungsi menciptakan ruang antar gigi agar bisa dipasangkan Ring.

Di antara beberapa bagian tersebut, karet behel merupakan yang paling sering dijumpai di pasaran. Komponen ini seolah dijual dengan bebas sehingga memudahkan masyarakat untuk mendapatkannya. Pilihan warna serta desainnya pun variatif. Bahkan Anda, bisa menemukan O Ring dengan desain menyerupai mickey mouse atau hello kitty. Bentuk karakter unik inilah yang membuat kawat gigi jadi terlihat lebih menarik, selain dari segi warna yang sudah bisa mencuri perhatian.

Karet behel biasanya diperjualbelikan di dunia maya dengan harga yang relatif terjangkau. Pembelipun diberikan kemudahan memilih warna serta bentuk karet yang mereka inginkan. Di situ penjual juga biasanya diberikan tips bagaimana memasang dan mengganti karet tersebut menggunakan alat semacam pengait yang disebut sebagai Sonde yang bisa diperoleh dengan harga sangat murah.

Penggunaan kawat gigi tidak hanya bertujuan untuk hal estetika. Sisi paling utama yang diprioritaskan adalah segi kesehatan. Itulah sebabnya, calon pengguna harus mengunjungi klinik dokter gigi terpercaya seperti Orange Dental House, yang membidangi masalah ortodontis untuk memperoleh penanganan yang tepat sesuai kondisi giginya. Selain itu, pemasangan setiap komponen termasuk karet behel haruslah mengikuti prosedur yang tepat agar hasil perawatan tercapai dengan optimal.

Leave a Reply