Dokter Gigi dan 8 Spesialisasinya yang Kamu Perlu Tau

“Dokter gigi adalah perpaduan yg sempurna antara kecerdasan, kecantikan, keperkasaan dan tenaga seperti kuli.” Begitu tulis salah satu penulis novel terkenal di dalam karyanya.

dokter gigi

Drg Cantik Dari Manila

Setelah menjalani pendidikan kedokteran gigi, seorang dokter gigi umum harus menjalani pendidikan profesi dokter gigi spesialis (PPDGS) selama 5 – 10 semester apabila ingin mendapatkan gelar dokter gigi spesialis.

Di artikel ini sahabat orange dapat mempelajari macam-macam spesialisasi dokter gigi yang cocok dengan kebutuhan kamu, diantaranya:

  1. Spesialis Bedah Mulut (Sp. BM)
  2. Spesialis Kedokteran Gigi Anak (Sp. KGA)
  3. Spesialis Konservasi Gigi (Sp. KG)
  4. Spesialis Penyakit Mulut (Sp. PM)
  5. Spesialis Ortodonsia (Sp. Ort)
  6. Spesialis Periodonsia (Sp. Perio)
  7. Spesialis Prostodonsia (Sp. Pros)
  8. Spesialis Radiologi Kedokteran Gigi (Sp. RKG)

 

 

Download Our Pricelist

 

Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut (Sp. BM)

Dokter dengan spesialisasi bedah mulut memiliki kompetensi untuk melakukan tindakan yang berkaitan dengan bedah, seperti bedah rahang, penanaman implan gigi, operasi gigi bungsu dengan faktor penyulit, bedah sendi rahang dll.

Dokter Sp. BM adalah dokter yang sahabat orange perlu kunjungi apabila mengalami masalah dengan gigi bungsu yang tumbuh miring atau ingin memasang implan sebagai pengganti gigi asli.

Dokter Gigi Spesialis Kedokteran Gigi Anak (Sp. KGA)

Kalau anak kecil takut ke dokter gigi, ada baiknya konsultasi dengan dokter Sp. KGA. Karena dokter Sp. KGA memiliki kompetensi khusus untuk menangani seluruh masalah kesehatan gigi anak, termasuk pendekatan yang sesuai dengan psikologis anak.

Dokter Sp. KGA adalah dokter yang sahabat orange perlu kunjungi apabila anak kamu mengalami masalah dengan pertumbuhan dan perkembangan gigi mereka.

Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi (Sp. KG)

Dokter Sp. KG adalah dokter dengan kompetensi untuk melakukan perawatan dengan tujuan untuk mempertahankan gigi asli. Perawatan yang sering dikerjakan diantaranya pencegahan gigi berlubang, penambalan gigi dengan berbagai macam metode seperti veneer, crown, onlay dan inlay.

Dokter Sp. KG adalah dokter yang kamu perlu kunjungi apabila mempunyai masalah dengan lubang yang cukup besar, atau mau merapihkan senyum dengan cepat dengan veener gigi.

Dokter Gigi Spesialis Penyakit Mulut (Sp. PM)

Dokter Sp. PM adalah dokter dengan kompetensi untuk menangani pasien dengan kelainan atau penyakit non-bedah pada regio mulut dan sekitarnya, termasuk penyakit sistemik di rongga mulut.

Apabila sahabat orange mengalami keluhan seperti sariawan yang tidak kunjung sembuh atau tonjolan pada jaringan lunak di mulut maka kamu dapat berkonsultasi dengan dokter Sp. PM.

Dokter Gigi Spesialis Ortodonsia (Sp. Ort)

Dokter Sp. Ort adalah dokter gigi dengan kompetensi untuk mendiagnosa kelainan pertumbuhan dan perkembangan gigi dan wajah (dentofasial) serta cara penanggulangannya, seperti menggunakan behel gigi.

Bagi sahabat orange yang merasa tidak nyaman dengan susunan giginya bisa berkonsultasi dengan dokter Sp. Ort untuk mendapatkan penampilan estetika yang lebih baik sekaligus mengembalikan fungsi pengunyahan yang optimal.

dokter gigi

Dokter Sp. Ort Sedang Memasang Invisible Aligner

Dokter Gigi Spesialis Periodonsia (Sp. Perio)

Kompetensi yang dimiliki oleh dokter Sp. Perio diantaranya adalah menangani perawatan yang terkait dengan jaringan pendukung gigi, diantaranya penurunan gusi, gigi-gigi yang goyang, dan bedah periodontal.

Untuk kamu yang punya keluhan seperti gusi berdarah, gusi meradang, atau karang gigi maka kamu bisa berkonsultasi dengan dokter Sp. Perio untuk mendapatkan perawatan yang sesuai.

Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia (Sp. Pros)

Dokter Sp. Pros memiliki kompetensi untuk pembuatan restorasi gigi atau mengganti gigi yang hilang dengan gigi palsu dengan berbagai jenis gigi palsu seperti gigi tiruan cekat, lepasan, veneer, atau implan gigi.

Sahabat orange yang ingin membuat gigi palsu dengan tingkat kesulitan yang tinggi dapat berkonsultasi dengan dokter Sp. Pros untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Dokter Gigi Spesialis Radiologi Kedokteran Gigi (Sp. RKG)

Dokter yang ahli dalam menganalisa dan menginterpretasikan gambar radiologi gigi adalah dokter Sp. RKG, khususnya gambar radiologi untuk diagnosis dan pengobatan daerah gigi dan mulut.

Demikian adalah 8 spesialisasi drg di Indonesia. Jadi sekarang sahabat orange tidak perlu bingung lagi siapa spesialis yang perlu dikunjungi.

 

Ingin konsultasi lebih lanjut mengenai dokter gigi spesisialis yang cocok untuk masalah gigi kamu? Tinggalkan nomor telepon kamu pada form di bawah dan staf kami akan segera menghubungi kamu.

 

Kami akan Segera Menghubungi Kamu

By | 2018-10-19T10:38:17+00:00 April 17th, 2018|Lain-Lain|0 Comments
WhatsApp chat