Membersihkan Karang Gigi Tanpa ke Dokter Gigi, Mitos atau Fakta?

Cara Membersihkan Karang Gigi

Cara Membersihkan Karang Gigi

Artikel ini ditulis oleh drg. Anissa Amalia.

Hai sahabat orange, pernah dengar tentang karang gigi? Atau pernah membaca testimonial mengenai merontokkan karang gigi hanya dengan pasta gigi tertentu? Yuk coba cek kebenarannya di artikel berikut.

Sebelum membahas cara membersihkan karang gigi, kita harus tahu dulu mengenai plak dan karang gigi itu sendiri. Plak adalah suatu lapisan yang menempel pada permukaan gigi, dan bisa juga ditemukan pada permukaan tambalan. Lapisan ini merupakan kumpulan dari sisa makanan, bakteri, dan mikroorganisme lain di dalam mulut.

Plak yang menumpuk dan tidak dibersihkan akan mengalami kalsifikasi lalu mengeras. Akhirnya terbentuklah karang gigi. Tak hanya karang gigi, plak juga bisa menjadi penyebab utama terjadinya radang pada gusi dan dapat menjadi pemicu timbulnya karies (lubang gigi).

Karang gigi, terutama di sekitar leher gigi / perbatasan antara gigi dan gusi, dapat mengiritasi gusi dan jaringan penyangga gigi, yang jika terus diabaikan gigi dapat menjadi goyang dan copot spontan.

Gigi Goyang

Gigi Goyang

Lalu bagaimana membersihkan karang gigi? Pembersihan karang gigi dalam dunia kedokteran gigi disebut sebagai scaling. Scaling adalah suatu tindakan pembuangan sisa makanan yang telah mengeras (berupa karang gigi maupun noda gigi).

Tindakan pembersihan karang gigi dan noda gigi tidak dapat dilakukan dengan menggunakan sikat ataupun benang gigi, apalagi hanya dibersihkan dengan pasta, sehingga pembersihan karang gigi tidak dapat dikerjakan secara mandiri di rumah.

Karang dan noda gigi biasanya melekat kuat pada permukaan gigi sehingga sulit dilepaskan tanpa melukai jaringan di sekitarnya. Lokasi karang gigi pun terkadang sulit dijangkau oleh diri sendiri (di gigi bagian belakang, di sela-sela gigi, dan atau di bawah gusi). Oleh karena itu, pembersihan karang gigi membutuhkan peralatan khusus dan dikerjakan oleh dokter gigi.

Alat Scalling

Peralatan yang umum digunakan dokter gigi untuk membersihkan karang gigi disebut sebagai scaler. Scaler elektrik menggunakan mesin khusus yang menggunakan getaran untuk merontokkan perlekatan karang pada permukaan gigi.

Walaupun bunyinya seperti bor gigi, tidak perlu khawatir karena alat ini tidak akan mengikis permukaan gigi atau pun merusak struktur gigi. Scaler elektrik hanya akan merontokkan perlekatan karang gigi pada permukaan gigi saja.

Pembersihan karang gigi sebaiknya dilakukan secara berkala paling tidak dua kali dalam setahun, atau atas pertimbangan dokter gigi.

Oh iya, perawatan scaling juga bisa meningkatkan kualitas penampilan dengan memunculkan kebersihan gigi secara optimal, kenyamanan berbicara, dan menghilangkan bau mulut.

Jadi, sudahkah kamu membersihkan karang gigimu?

 

Sumber :

Sadono Melanie, DR.drg. (2008). Kesehatan Gigi A to Z. IMP Publishing FKG Trisakti. Jakarta.

Pratiwi Donna, drg. (2009). Gigi Sehat dan Cantik. Kompas Media Nusantara. Jakarta

By | 2018-08-17T10:27:11+00:00 August 16th, 2018|Tentang Gigi|0 Comments