Gigi Bungsu dan Cara Penanganannya

Permasalahan Yang Muncul Akibat Tumbuhnya Gigi Bungsu

Gigi bungsu dan cara penanganannya – Pada saat memasuki usia remaja, biasanya sering terjadi keluhan mengenai gigi geraham bungsu yang tumbuh.

Keluhan tersebut muncul akibat rasa sakit yang luar biasa pada rahang bagian belakang. Rasa sakit yang luar biasanya ini, membuat beberapa orang panik terhadap sakit yang dialaminya.

Untuk sebagaian orang yang mengalami rasa sakit yang luar biasa dari efek gigi geraham bungsu yang tumbuh ini, biasanya mengkonsumsi obat pereda rasa nyeri atau rasa sakit.

Selain rasa sakit yang luar biasa, tumbuhnya gigi geraham bungsu yang miring akan mempengaruhi sususan gigi yang lainnya.

Apabila hal ini terjadi, maka bisa membahayakan gigi yang lainnya dan juga bisa membahayakan gusi Sahabat Orange.

Sakit Gigi Bungsu

Pengertian gigi bungsu

Gigi bungsu adalah, gigi ketiga dari geraham atau gigi geraham yang terakhir.

Gigi ini biasanya tumbuh pada usia sekitar belasan tahun, atau pada awal usia dua puluh tahun.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, pada saat gigi ini tumbuh biasanya akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Hal ini dikarenakan, gigi yang tumbuh tidak memiliki ruang yang tersisa pada bagian gusi.

Umumnya pada usia sekitar 28 tahun, gigi yang tumbuh sudah tertata rapih pada bagian gusi. Sehingga, gigi ini akan tumbuh dengan terhimpit atau hanya tumbuh dibagian ujung gusi saja.

Di dalam beberapa kasus mengenai gigi geraham bungsu yang tumbuh dengan posisi miring, biasanya melakukan pengangkatan gigi. Pengangkatan gigi tersebut, dilakukan melalui proses operasi.

Tumbuhnya gigi geraham bungsu ini, tidak terjadi pada semua orang. Rasa sakit yang dialami, tidak hanya pada saat gigi geraham bungsu ini tumbuh. Tetapi juga bisa dialami oleh orang berusia lanjut, yang dikarenakan akibat dari gigi geraham bungsu tersebut.

Jika gigi geraham bungsu ini tumbuh pada wanita yang sedang hamil, gigi geraham bungsu ini tidak boleh dicabut. Untuk segi keamanan, wanita hamil tersebut bisa diberi obat pereda rasa nyeri atau sakit dengan dosis yang tepat bagi wanita hamil.

Gejala gigi bungsu yang bermasalah

Petumbuhan gigi bungsu yang bermasalah, akan menyebabkan beberapa masalah. Gigi yang tumbuh tidak sempurna atau bermasalah ini, bisa diketahui melalui beberapa gejala berikut.

  1. Mengalami pembengkakan terhadap gusi
  2. Mengalami gusi berdarah
  3. Gusi terasa sakit yang sangat luar biasa
  4. Terdapatnya kelenjar getah bening yang mengalami pembengkakan
  5. Pada saat hendak membuka mulut terasa sangat sulit
  6. Mengalami rasa sakit yang luar biasa pada rahang
  7. Mengalami sakit gigi.

Dengan gejala-gejala tersebut, Sahabat Orange sudah bisa mengetahui kalau gigi bungsu yang tumbuh mengalami masalah. Oleh karena itu, diperlukannya penanganan yang cepat dan juga tepat. Sahabat Orange bisa melakukan pemeriksaan kepada Dokter gigi, untuk menangani masalah gigi yang tumbuh tersebut.

Efek samping gigi bungsu

Pada saat gigi bungsu tumbuh, akan mengakibatkan rasa sakit yang luar biasa. Untuk mencegah rasa sakit tersebut, bisa dilakukan dengan cara meminum obat pereda rasa sakit atau dengan operasi untuk pengangkatan gigi tersebut.

Apabila Sahabat Orange melakukan operasi untuk mencabut gigi bungsu Sahabat Orange, maka harus dilakukan dengan sangat tepat. Sahabat Orange bisa melakukan pengangkatan tersebut dengan Dokter gigi atau Dokter gigi spesialis bedah mulut.

Jika operasi tersebut berjalan dengan baik, maka efek samping yang Sahabat Orange alami hanya bengkak saja. Akan tetapi apabila operasi tersebut tidak berjalan dengan baik, maka efek samping yang dialami adalah saraf pada bagian bawah gigi akan terpotong.

Terpotong saraf dibawah bagian gigi tersebut, akan berakibat kepada lidah yang mati rasa setengah. Maka dari itu, operasi harus dilakukan dengan baik dan benar oleh Dokter gigi yang profesional.

Efek samping lain dari gigi bungsu ini adalah, pertumbuhan yang tidak sempurna atau miring. Apabila gigi Sahabat Orange tumbuh dengan tidak sempurna, maka efek sampingnya adalah terdapatnya lubang diantara gigi bungsu dan gigi dibagian depannya.

Selain itu efek samping yang lainnya adalah, gusi bisa mengalami radang dan infeksi akibat bakteri dari sisa makanan. Efek samping dari pertumbuhan gigi yang tidak sempurna ini adalah, bisa menyebabkan tumor atau kista.

Posisi Gigi Bungsu

Penanganan gigi bungsu

Gigi bungsu yang merupakan gigi geraham terakhir yang tumbuh, biasanya sering kali membuat masalah. Fungsi dari gigi bungsu ini sama dengan fungsi gigi geraham yang lainya, yaitu membantu gigi geraham pertama dan kedua.

Akan tetapi, apabila pertumbuhan gigi bungsu ini tidak sempurna, merusak gigi sehat, maka diperlukan penanganan yang tepat. Penanganan dari gigi bungsu ini bisa dilakukan dengan cara operasi, atau pengangkatan gigi bungsu.

Sebelum melakukan operasi atau pengangkatan gigi bungsu, biasanya Dokter gigi akan melakukan foto terhadap gigi Sahabat Orange, yang bertujuan untuk mengetahui kondisi dari gigi bungsu tersebut.

Setelah bentuk, posisi, dan kedalam gigi diketahui, maka langkah berikutnya adalah pembiusan lokal pada bagian mulut saja. Akan tetapi, untuk beberapa kasus ada yang diberikan bius secara keseluruhan atau pembiusan total.

Meskipun operasi gigi bungsu ini termasuk operasi kecil, sebaiknya dilakukan oleh Dokter yang sudah berpengalaman dan juga profesional. Hal ini diperlukan, agar tidak terjadi masalah-masalah lain setelah operasi dilakukan.

Operasi untuk gigi bungsu ini, pada umumya selalu berhasil dan tidak berbahaya. Untuk proses penyembuhan setelah operasi gigi bungsu, biasanya dibutuhkan waktu kurang lebih 5 sampai dengan 10 hari.

Biaya operasi gigi bungsu

Pada saat Sahabat Orange mengalami masalah pada pertumbuhan gigi bungsu, Sahabat Orange tentu akan mencari cara penanganannya. Seperti penjelasan diatas, penanganan dari gigi bungsu ini dengan cara operasi atau pengangkatan gigi bungsu. Mendengar operasi, Sahabat Orange tentunya berpikir mengenai biaya yang diperlukan untuk operasi gigi bungsu tersebut. Untuk operasi gigi bungsu tersebut, Orange Dental mengenakan biaya mulai dari Rp 2.5 juta untuk per satu gigi bungsu.

Biaya diatas tersebut, adalah biaya pada umumnya saja. Jika Sahabat Orange memilih tempat yang lebih bagus, tentunya biaya untuk operasi gigi bungsu tersebut juga berbeda.

Tarif tersebut belum termasuk biaya ronsen, obat untuk sebelum operasi, waktu operasi, dan juga obat setelah operasi. Tetapi, apabila tingkat kesulitan dan keparahan dari gigi bungsu Sahabat Orange lebih dari biasanya, maka biaya operasi gigi bungsu juga berbeda.

Seiring dengan kecanggihan teknologi sekarang ini, ada beberapa ahli yang mengatakan fungsi gigi tersebut tidak terlalu berpengaruh.

Namun, dengan kebiasaan yang buruk, gigi tersebut tetap dibutuhkan sebagai bantuan terhadap fungsi gigi geraham yang lainnya.

Dengan mengetahui apa itu gigi bungsu, efek samping, dan cara penanganannya, diharapkan semua orang termasuk Sahabat Orange bisa menjaga kesehatan gigi. Semoga penjelasan diatas bisa menjadi referensi Sahabat Orange mengenai, gigi bungsu dan cara penanganannya.

Leave a Reply