Tips Perawatan Setelah Pemasangan Behel

/, Tentang Gigi/Tips Perawatan Setelah Pemasangan Behel

Tips Perawatan Setelah Pemasangan Behel

Anda sedang bertanya-tanya tentang kegunaan pemasangan behel? Dewasa ini, semakin banyak orang memiliki gigi berhiaskan rajutan kawat yang berwarna-warni. Seperti berlian, bagian tengahnya seolah memancarkan kembali pantulan cahaya lampu-lampu di sekitarnya. Terlihat keren? Tentu saja. Tetapi, apakah faktor tampilan merupakan satu-satunya alasan orang rela mengeluarkan beberapa ratusan ribu hingga jutaan pada seperangkat behel gigi?

Pemasangan Behel

Dalam dunia kedokteran gigi, pemasangan behel dimaksudkan untuk memperbaiki letak dan susunan gigi geligi. Kondisi yang tidak rata pada susunan gigi tersebut bisa menjadi faktor penyebab masalah kebersihan gigi dan mulut, serta mengganggu fungsi tubuh lainnya.

Namun, dewasa kini, semakin banyak orang yang memasang kawat gigi untuk kebutuhan fashion semata. Mereka juga memanfaatkan jasa pemasangan behel sembarangan karena faktor tingginya harga yang dipatok apabila datang ke dokter gigi spesialis ortodontik. Padahal, hal tersebut bisa sangat berbahaya. Prosedur yang salah dan pemilihan bahan yang tidak sesuai kebutuhan justru akan mempengaruhi struktur serta kesehatan gigi di kemudian hari. Selain itu, meskipun datang ke tempat yang seharusnya, Anda juga harus memperhatikan perawatan selama penggunaan kawat gigi.

Berikut ini tips ringan yang dapat Anda ikuti:

  • Gunakan produk perawatan khusus termasuk sikat dan pasta gigi sesuai rekomendasi dokter gigi. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa proses pembersihan gigi berbehel dapat maksimal.
  • Berkumur sangat dianjurkan setelah menggosok gigi apabila gigi Anda dipasangi behel. Gunakan obat kumur yang sesuai untuk mendapatkan manfaat yang optimal.
  • Sebaiknya hindari terlebih dahulu mengkonsumsi makanan seperti permen karet dan yang bertekstur keras. Permen karet memiliki sifat lengket dan bisa sangat sulit dibersihkan. Selain itu, makanan keras dapat menggoyahkan kawat gigi. Apabila Anda ingin makan makanan yang bertekstur keras, potong dulu kecil-kecil agar lebih mudah dikunyah.
  • Hindari minuman bersoda karena dapat lebih mudah menimbulkan plak. Keberadaan kawat gigi akan menyulitkan Anda membersihkan salah satu masalah utama pada gigi tersebut.
  • Gunakan dental floss. Benang khusus gigi ini dapat membantu membersihkan sela-sela gigi yang sulit dijangkau bulu sikat gigi.
  • Rajin periksa ke dokter gigi untuk berkonsoltasi atau sekedar memeriksa perkembangan kawat gigi.

Gigi berbehel memang membutuhkan perhatian lebih dalam hal perawatan. Bahkan, tidak sedikit pengguna mengalami beberapa masalah di awal-awal pemasangan. Misalnya gigi terasa terhimpit dan menimbulkan rasa sakit, serta munculnya sariawan.

Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah berkumur dengan air hangat yang telah dicampuri satu sendok teh garam. Lakukan selama diperlukan atau sampai sariawan itu sembuh. Tetapi, jika Anda merasakan nyeri atau sakit berlebihan, Anda bisa mengkonsumsi aspirin.

Untuk menghindari hal-hal tersebut, pastikan hanya memanfaatkan jasa pemasangan behel terpercaya seperti yang ditawarkan oleh Orange Dental di Jakarta.

By | 2015-08-13T00:24:40+00:00 August 13th, 2015|Behel Gigi, Tentang Gigi|0 Comments

Leave A Comment