5 Bahaya Membiarkan Gigi Ompong

Bahaya Gigi Ompong Dibiarkan

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh drg Sandra intan.

Masalah gigi yang hilang atau ompong kerap dianggap sebagai masalah sepele oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Tak jarang, gigi yang ompong tersebut dibiarkan begitu saja selama bertahun-tahun. Padahal, banyak bahaya gigi ompong yang bisa muncul kalau dibiarkan lama, apalagi sampai menahun.

Dari sekian banyak bahaya gigi ompong, ini 5 jenis bahaya yang wajib kamu waspadai:

  1. Terjadi Perubahan Struktur Wajah

Bahaya gigi ompong juga akan membuat struktur wajah mengalami perubahan. Terutama apabila gigi yang hilang atau ompong ini lebih dari satu gigi.

Ketika keompongan ini terjadi di usia muda, maka wajahmu akan terlihat lebih tua. Hal ini disebabkan oleh tulang alveolar (tulang penyangga gigi) yang mulai resorpsi dikarenakan tidak ada gigi di atasnya.

  1. Penumpukan karang gigi

Orang yang memiliki gigi ompong di salah satu sisi mulutnya akan cenderung mengunyah menggunakan sisi lainnya yang giginya masih lengkap.

Pengunyahan satu sisi ini jika pembersihannya kurang baik, akan bisa membuat penumpukan karang gigi di sisi yang tidak pernah atau jarang digunakan tersebut.

Gangguan Sendi Temporomandibular

Gangguan Sendi Temporomandibular

  1. Gangguan sendi temporomandibular

Seperti yang sudah disebutkan di atas, orang yang memiliki gigi ompong di satu sisi, akan cenderung mengunyah menggunakan sisi lainnya yang giginya masih lengkap.

Pengunyahan satu sisi ini selain akan menyebabkan penumpukan karang gigi di sisi yang tidak pernah digunakan, juga bisa menyebabkan sendi temporomandibular terganggu.

Gigi Goyang

Gigi Goyang

  1. Gigi antagonis goyang

Gigi ompong di rahang bawah yang dibiarkan akan membuat gigi antagonis yang berada di rahang atasnya menjadi turun atau terlihat memanjang.

Jika hal ini terjadi dan terus dibiarkan, lama kelamaan gigi yang turun ini bisa menjadi goyang, hingga lepas.

  1. Perubahan posisi gigi di sebelahnya

Gigi di sebelah daerah yang ompong, jika dibiarkan lama kelamaan bisa bergeser atau bisa berubah posisinya menjadi miring atau memutar.

Itulah 5 bahaya gigi ompong yang harus kamu ketahui. Jadi, kalau kamu memiliki masalah gigi ompong, sebaiknya segera diatasi. Banyak cara yang bisa dilakukan, misalnya dengan melakukan implan gigi ataupun memasang gigi palsu.

Ingin konsultasi lebih detil mengenai solusi gigi ompong? tinggalkan nomor kontak kamu pada form di bawah dan kami akan segera menghubungi kamu.

 

Kami akan Segera Menghubungi Anda

By | 2018-08-15T01:15:52+00:00 August 10th, 2018|Tentang Gigi|0 Comments